Demo Soal JHT Penuhi Kantor Kemnaker RI, Buruh: Kemnaker Ida Fauziyah Telah Melawan Presiden!

Demo Soal JHT Penuhi Kantor Kemnaker RI, Buruh: Kemnaker Ida Fauziyah Telah Melawan Presiden! Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Ratusan pendemo dari berbagai serikat buruh memenuhi Kantor Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI ) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (16/2/2022). 

Dalam aksinya, mereka menyebut Menteri Ketenagakerjaan Kerjaan, Ida Fauziyah telah melangkahi kewenangan Presiden Joko Widodo terkait terbitnya Peraturan Kementerian Nomor 2 Tahun  2022 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT). 

"Menteri Tenaga Kerja telah melawan Presiden. Menteri tenaga kerja telah melawan Presiden," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal di Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (16/2/2022). 

Hal itu dikatakan Iqbal, karena Peraturan Kementerian Nomor 2022 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua yang ditandatangani oleh Ida Fauziyah. Padahal masih ada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2015 yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo. 

"Faktanya secara hukum Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 bertentangan  PP Nomor 60 Tahun  2015 yang  ditandatangani Presiden Jokowi dan masih berlaku," jelas Iqbal. 

Baca Juga: Edi Marsudi Sebut Pembayaran Formula E Pakai Praktik Ijon, Bambang Kusumanto: Dilebih-lebihkan dan Tidak Berlandaskan!

Dia pun memastikan, Permenaker tersebut dibuat tanpa sepengetahuan Presiden Joko Widodo. 

"Bisa dipastikan Menteri Tenaga Kerja ketika menandatanganin Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tidak berkonsultasi dengan Presiden," tegas Iqbal.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover