Sudah Kena Sodor Sana Sini, Akhirnya... Kemnaker Bakal Merevisi Aturan JHT

Sudah Kena Sodor Sana Sini, Akhirnya... Kemnaker Bakal Merevisi Aturan JHT Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah bakal merevisi aturan pelaksanaan program jaminan hari tua (JHT).

Saat ini, JHT diatur melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua.

"Tadi saya bersama Pak Menko Perekonomian telah menghadap Bapak Presiden. Menanggapi laporan kami, Bapak Presiden memberikan arahan agar regulasi terkait JHT ini lebih disederhanakan," kata Menaker Ida melalui siaran pers biro Humas Kemnaker, Senin (21/2/2022) kemarin.

Baca Juga: Toa Masjid Pakai Diatur-atur Bikin Tepok Jidat, Gus Umar: Yassalam Pak Menag...

Baca Juga: Lakon Ustaz Khalid Basalamah Jadi Wayang, Gus Miftah Mestinya Bisa Dilaporkan ke Polisi, Tapi...

Menaker menjelaskan, setelah Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 disosialisasikan, pemerintah memahami keberatan yang disampaikan para pekerja atau buruh. Karena itu, Presiden Jokowi memberikan arahan dan petunjuk untuk menyederhanakan aturan tentang JHT.

Jadi, JHT bisa bermanfaat untuk membantu pekerja atau buruh yang terdampak, khususnya mereka yang di-PHK di masa pandemi.

"Bapak Presiden sangat memperhatikan nasib para pekerja atau buruh dan meminta kami semua untuk memitigasi serta membantu teman-teman pekerja yang terdampak pandemi," kata Ida.

Baca Juga: Menag Kena Sentil: Gus Menteri, Azan Atau Sholawat Tak Perlu Diatur Pemerintah!

Baca Juga: Ngaku Gak Ngerti Soal Wayang, Sekalinya Lihat Wayang Mirip Ustaz Khalid Langsung Komen, Said Didu: Apa Emang Begini?

Menaker Ida menjelaskan, dalam arahannya, Presiden Jokowi berharap tata cara klaim JHT lebih sederhana sehingga dapat mendukung terciptanya iklim ketenagakerjaan yang kondusif.

"Bapak Presiden juga meminta kami semua, baik pemerintah, pengusaha, maupun teman-teman pekerja atau buruh, untuk bersama-sama mewujudkan iklim ketenagakerjaan yang kondusif sehingga dapat mendorong daya saing nasional," tandasnya. 

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover