Oh Ternyata Konsep Kota Spons IKN Sudah Dipakai Anies Baswedan di Jakarta Timur, Ini Buktinya

Oh Ternyata Konsep Kota Spons IKN Sudah Dipakai Anies Baswedan di Jakarta Timur, Ini Buktinya Kredit Foto: Istimewa

Presiden Joko Widodo buka-bukaan soal konsep awal Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Mengingat tingginya ekspektasi dan aspirasi publik terkait IKN, Jokowi menegaskan bahwa pembangunan IKN tidak bisa dilakukan seperti proyek biasa, butuh pendekatan non-business as usual melibatkan kinerja tim terbaik, perencana dan perancang kota, arsitek, insinyur, ahli lingkungan, sosial, ekonomi, budayawan, dan seniman.

IKN juga diharapkan dapat merespons komitmen Indonesia dalam penanggulangan iklim yang terlihat melalui pencapaian dan pengelolaan berbagai indikator menuju net zero carbon dan 100 persen energi baru dan terbarukan di tahun 2060.

Bebas banjir, 70 persen area hijau, pengurangan tamperatur 2 derajat, mobilitas singkat hingga transportasi publik ramah lingkungan.

Baca Juga: Misteri Kepala Otorita IKN Nusantara Terjawab, Feeling Ruhut Sitompul Presiden Akan Tunjuk Ahok, Ini Alasannya

Salah satu konsep yang diusung IKN adalah elemen kota spons yang diterapkan secara luas di IKN. Konsep ini untuk mengembalikan siklus alami air yang berubah karena pembangunan. 

Penerapan konsep ini akan memberikan manfaat pemanenan air untuk tambahan ketersediaan air dan pengurangan bahaya banjir, manfaat pemurnian air dan pelestarian ekologi, efisiensi sistem sumber daya, serta manfaat rekreasi bagi masyarakat.

Dalam lampiran II UU IKN, menyebutkan bahwa Kota spons mengacu pada kota yang berperan seperti spons yang mampu menahan air hujan agar tidak langsung melimpas ke saluran-saluran drainase dan yang mampu meningkatkan peresapan ke dalam tanah sehingga bahaya banjir dapat berkurang serta kualitas dan kuantitas air dapat meningkat melalui penyaringan tanah dan penyimpanan dalam tanah (akuifer).

Lihat Sumber Artikel di Viva Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Viva.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover