Sejumlah Negara Jatuhi Sanksi Ekonomi Kepada Rusia, Simak Daftar Sanksinya...

Sejumlah Negara Jatuhi Sanksi Ekonomi Kepada Rusia, Simak Daftar Sanksinya... Kredit Foto: Instagram/russianarmy_photos

Sejumlah negara Barat menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Rusia usai menginvasi Ukraina pada Kamis (24/2/2022). Adapun daftar sanksi yang dijatuhkan terhadap Rusia sejauh ini:

1. Amerika Serikat

Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif pada Senin lalu yang menetapkan setiap lembaga di sektor jasa keuangan Rusia menjadi target sanksi lebih lanjut. Dan ini sebagai tahap awal sanksi pada Rusia.

Di mana lebih dari 80 persen transaksi valuta asing harian Rusia dan setengah dari perdagangannya dilakukan dalam dolar AS.

Lalu, Washington memberikan sanksi kepada dua bank milik negara Rusia VEB dan Promsvyazbank. AS juga memblokirnya dari perdagangan utangnya di pasar AS dan Eropa.

Kedua bank Rusia itu dianggap sangat dekat dengan Kremlin dan militer Rusia, dengan aset lebih dari US$80 miliar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diminta Ambil Langkah Diplomatis untuk Hentikan Invasi Rusia di Ukraina

2. Inggris Raya

Pada Selasa lalu, Inggris mengumumkan sanksi terhadap lima bank Rusia dan tiga miliarder Rusia: Gennady Timchenko, Boris Rotenberg dan Igor Rotenberg.

Keluarga Rotenberg adalah pemilik bersama SGM Group, yang membuat infrastruktur minyak dan gas. Timchenko adalah pemilik perusahaan investasi swasta Volga Group.

Sementara, bank-bank tersebut adalah Rossiya Bank, IS Bank, General Bank, Promsvyazbank dan Black Sea Bank. Inggris juga akan menghentikan Rusia dari menjual utang negara di London.

Baca Juga: Sanksi Ekonomi Terhadap Rusia Dinilai Tidak Berdampak Efektif

3. Jerman

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengumumkan penghentian proses sertifikasi pipa gas Nord Stream 2 dari Rusia. Meskipun kesepakatan menguntungkan tetapi dikritik AS karena meningkatkan ketergantungan Eropa pada energi Rusia.

Proyek senilai US$11,6 miliar ini dimiliki oleh raksasa gas milik negara Rusia, Gazprom.

Baca Juga: Negara Barat Beri Sanksi Ekonomi, China Siap Bantu Rusia?

4. Ukraina

Parlemen Ukraina telah menyetujui pengenaan sanksi terhadap 351 orang Rusia, termasuk anggota parlemen yang mendukung pengakuan kemerdekaan wilayah yang dikuasai separatis dan penggunaan pasukan Rusia di Ukraina timur.

Sanksi membatasi hampir semua kemungkinan jenis kegiatan, khususnya larangan masuk ke Ukraina, melarang akses ke aset, modal, properti, lisensi untuk bisnis.

Baca Juga: Invasi Rusia Terhadap Ukraina, Presiden Jokowi Serukan Perdamaian: Stop Perang!

5. Uni Eropa

Uni Eropa dengan suara bulat mengumumkan pada sanksi awal yang ditujukan pada 351 politisi Rusia yang memilih untuk mengakui dua wilayah separatis di Ukraina, serta 27 pejabat dan lembaga Rusia dari sektor pertahanan dan perbankan.

Mereka juga berusaha membatasi akses Moskow ke pasar modal dan keuangan UE.

Baca Juga: Presiden Ukraina Samakan Invasi Militer Rusia Seperti Nazi Jerman Pemicu Perang Dunia ke II

6. Jepang, Australia

Kedua negara mengumumkan pengenaan hukuman yang ketat terhadap individu yang terkait dengan agresi terhadap Ukraina.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menargetkan anggota Dewan Keamanan Rusia karena berperilaku seperti preman dan pengganggu.

Sanksi Jepang termasuk melarang penerbitan obligasi Rusia di Jepang dan membekukan aset individu Rusia tertentu serta membatasi perjalanan ke Jepang.

Tidak menutup kemungkinan sanksi-sanksi internasional lainnya akan menyusul. Sebab, hingga berita ini diterbitkan Rusia masih melancarkan serangannya kepada Ukraina.

Lihat Sumber Artikel di Viva Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Viva.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover