Biografi Novel Baswedan: Penyidik KPK yang Berani dan Terbaik dalam Membongkar Kasus Besar Korupsi dengan Tingkat Risiko yang Tinggi

Biografi Novel Baswedan: Penyidik KPK yang Berani dan Terbaik dalam Membongkar Kasus Besar Korupsi dengan Tingkat Risiko yang Tinggi Kredit Foto: Aditya Pradana Putra

Sosok Novel Baswedan sebetulnya cukup dikenal di kalangan masyarakat anti korupsi sebagai penyidik KPK yang berani dan salah satu penyidik terbaik yang pernah dimiliki KPK.

Sebagai Penyidik KPK ia banyak membongkar kasus besar dengan risiko besar yang kadang mengancam kehidupan pribadinya. Hingga pada 11 April 2017, Novel disiram air keras oleh orang tak dikenal.

Baca Juga: Ikut Omongin Isu Penundaan Pemilu 2024, Loyalis Anies Baswedan Bandingkan-bandingkan Jokowi dan SBY

Kehidupan Awal

Novel Baswedan lahir di Semarang, 22 Juni 1977 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1998. Setelah kelulusannya, sepupu Anies Baswedan, mantan menteri pendidikan, ini pun berkarier di Kepolisian Resor Kota Bengkulu selang setahun kelulusannya.

Pada tahun 2004, Novel dipercaya sebagai Kasat Reksrim Polres Bengkulu berpangkat Komisaris. Dari posisi tersebut, ia pun ditarik ke Bareskrim Mabes Polri selama kurang lebih dua tahun.

Pada Januari 2007, Novel mendapatkan tugas dari Mabes Polri di KPK sebagai penyidik anti korupsi. Karirnya sebagai penyidik KPK dinilai cukup gemilang. Terbukti Novel dipercaya menangani kasus-kasus besar dan berhasil menanganinya.

Novel berhasil membawa pulang mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dari pelariannya di Kolombia. Ia juga mengungkap kasus wisma atlet yang turut menyeret anggota DPR Angelina Sondakh.

Selain itu, Novel juga sukses menjebloskan Nunun Nurbaeti ke dalam penjara terkait kasus suap cek pelawat pada pemilihan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia tahun 2004 lalu. Tak berhenti sampai disitu, Novel juga turut membongkar kasus jual beli perkara Pemilukada dengan keterlibatan mantan Ketua MK Akil Mochtar.

Baca Juga: KPK Temukan Dugaan Suap Menyuap Dalam Kasus Buapati Nonaktif Langkat

Atas pencapaiannya yang gemilang, pada tahun 2012 Novel Baswedan resmi diangkat menjadi penyidik tetap KPK.

Novel baswedan kembali sukses membongkar korupsi simulator SIM di Polri yang merupakan korps asal Novel sebelum berada di KPK yang menjadi salah satu kasus fenomenal yang ia tangani.

 Dalam kasus tersebut, Novel sendiri yang memimpin seluruh operasi yang menyeret nama sejumlah petinggi Polri, mulai dari penyidikan hingga penggeledahan di markas Korlantas Polri.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover