Kemenag Bantah Kabar Soal Menag Yaqut Minta Warga Hormati LGBT: Hoaks!

Kemenag Bantah Kabar Soal Menag Yaqut Minta Warga Hormati LGBT: Hoaks! Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Belum reda urusan toa Masjid, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas kembali diterpa ujian baru. Menteri asal PKB itu, difitnah sebagai pendukung Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Fitnah Yaqut pro-LGBT ini beredar di media sosial, khususnya Twitter.

Tudingan tersebut beredar dalam bentuk video Yaqut yang mengatakan agar masyarakat menghargai hak LGBT. Video itu sebenarnya bukan hoaks, melainkan pernyataan lama, 6 tahun lalu.

Saat itu, Yaqut berstatus bukan sebagai Menteri Agama. “Namun demikian, keberadaan LGBT tidak mengurangi martabatnya sebagai manusia,” kata Gus Yaqut, kala itu.

Sebenarnya, tak ada yang aneh dengan pernyataan Gus Yaqut. Sebab, dalam kalimat selanjutnya, dia meyakini perkawinan sesama jenis tidak akan pernah sah menurut ajaran Islam.

“Sebagai agama, Islam punya posisi moralnya sendiri soal ini dan tidak bisa dipaksa mengganti posisi moral itu demi menuruti kehendak pihak lain. Sebagaimana kita tidak bisa memaksa pihak lain mengikuti posisi moral Islam,” tambahnya.

Namun, video yang beredar itu, kemudian dipotong, sehingga tersisa pernyataannya yang meminta masyarakat Indonesia bersikap baik dan menghormati hak LGBT.

Baca Juga: PA 212 Gelar Demo di Depan Gedung Kemenag, Pengamat: Saya Melihat Pesan Sebenarnya, PA 212 itu Masih Ada, Ingin Menunjukkan Eksistensi

Ditambah lagi dengan foto capture berita yang dipotong dan diberi bumbu narasi yang aneh-aneh. Dengan cepat, link berita dengan judul Yaqut seolah mendukung LGBT, pun menyebar dan viral.

Yaqut kemudian diserang dengan tudingan pro LGBT. Warganet kemudian berbondong-bondong melontarkan kritik pedas kepada Gus Menag.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Rakyat Merdeka.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover