Bos Sinar Mas Jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Rocky Gerung: Jokowi Hanya Petugas...

Bos Sinar Mas Jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Rocky Gerung: Jokowi Hanya Petugas... Kredit Foto: Akurat

Setelah mengarungi banyak pilihan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beserta wakilnya. Bersamaan dengan Andi Sudirman Sulaiman yang dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, Bambang Susantono serta Dhony Rahajoe dilantik di Istana Negara pada Kamis (10/3) lalu.

Terpilihnya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhonny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN berdasar pada Keputusan Presiden Nomor 9/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 9 Maret 2022.

Baca Juga: Jokowi akan Kemah dan Ritual Adat di Titik Nol IKN Nusantara

Dilantiknya bos Sinar Mas, Dhony Rahajoe, sebagai Wakil Kepala Otorita IKN mendapat sorotan dari pengamat politik Rocky Gerung. Pasalnya, Dhony adalah orang kedua Sinar Mas yang ditunjuk istana setelah Dubes Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto. Ia menyebut, sikap Jokowi mencerminkan 'petugas' oligarki.

"Itu ibu kota konglomerasi atau ibu kota oligarki. Orang ingin melihat bahwa ibu kota harus diasuh oleh birokrat, bukan tokoh politik atau tokoh korporasi. Orang gak percata pada apapun yang dibuat pemerintah," kata Rocky Gerung dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube Rocky Gerung Official, Kamis, 10 Maret 2022.

Baca Juga: Hidayat Nur Wahid Bandingkan Ongkos Pemilu dan IKN, Lebih Mahal Mana?

Sikap Jokowi dalam melantik tokoh korporasi seperti Dhony Rahajoe, meskipun hanya menduduki posisi wakil, menurut Rocky, kemampuan Jokowi dalam menyembunyikan kepentingannya telah terbaca. Artinya, upaya untuk memastikan kepentingan oligarki harus diselamatkan oleh Jokowi, kata Rocky.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover