Logo Halal Baru Mirip Wayang, Menag Yaqut Kena Cibir, Duh Sampai Disebut Anti Arab Loh!

Logo Halal Baru Mirip Wayang, Menag Yaqut Kena Cibir, Duh Sampai Disebut Anti Arab Loh! Kredit Foto: Kemenag.go.id

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas kembali menyita perhatian publik setelah mengeluarkan logo halal yang baru. Logo halal teranyar itu oleh sebagian orang disebut mirip gambar gunung pada gambar yang terdapat di wayang kulit.

Hal ini kemudian menuai  pro kontra di media sosial. Banyak pihak yang kemudian melontarkan kritik pedas kepada Menag Yaqut terkait hal ini. Salah satunya adalah pengguna twitter  @NetizenBerisik.

Baca Juga: Label Halal Indonesia Berlaku Nasional Ditetapkan Pada 1 Maret 2022, Nilai Dibalik Logo Halal: Motif Surjan dan Kenapa Warna Ungu?

“Kemenag mengeluarkan logo halal baru, kenapa mirip dengan gambar gunung di wayang kulit ya?,” cuit akun tersebut dikutip Populis.id Senin (14/3/2022). 

Netizen ini juga mempertanyakan alasan  Menag Yaqut dan jajarannya mengganti logo halal sebelumnya yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jangan sampai kata dia Menag Yaqut ingin melenyapkan hal-hal yang berbau Arab di Indonesia.

Pasalnya menurut penggguna media sosial ini, tulisan arab pada logo halal sebelumnya yang terlihat cukup mencolok kini tidak tampak lagi.

 “Apakah logo halal lama ada tulisan Arabnya jadi alergi menggunakannya? Atau ada unsur akan menghilangkan yang berbau Arab di negeri ini?,” kata si netizen. 

Baca Juga: Mengejutkan! Jokowi Disebut Bebaskan Rizieq Shihab, Langsung Dilantik Jadi Menteri Agama Gantikan Posisi Gus Yaqut!

Cuitan ini kemudian mendapat tanggapan beragam dari netizen lainnya, salah satunya adalah pengguna akun  @B1G_K4y_R3born. Menurutnya logo halal yang baru tetap menggunakan tulisan Arab, namun itu berbeda dengan logo sebelumnya. 

“Bloon logo yang baru itu pake tulisan arab khat kufi, yang lama itu khat naskhy namanya. Belajar ngaji lagi gih sono,” tulisnya di kolom komentar. 

Sementara itu, Menag Yaqut menegaskan, dengan dirilisnya logo baru tersebut, maka kedepannya logo halal bikinan MUI tidak akan berlaku lagi.  

Baca Juga: Nyelekit! Berawal Video Nicho Silalahi Orasi Soal Menag Yaqut, Loyalis Jokowi Minta Cari Bajingan Itu, Eh Geisz Chalifah Ngomong Begini...

“Di waktu-waktu yang akan datang, secara bertahap label halal yang diterbitkan MUI dinyatakan tidak berlaku lagi,” tulis Menag Yaqut di akun Instagram @gusyaqut.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover