Apa Itu Demokrasi?

Apa Itu Demokrasi? Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Demokrasi adalah  suatu sistem pemerintahan yang memberikan hak dan kebebasan kepada semua warga negara untuk dapat berkontribusi dalam proses pengambilan keputusan. Konsep demokrasi yang terkenal dikemukakan oleh Presiden Amerika Serikat ke-16 yaitu Abraham Lincoln. Menurutnya, demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. 

Sejarah Demokrasi

Sistem demokrasi telah diterapkan sejak zaman Yunani kuno. Saat itu, warga negara dapat terlibat langsung dalam pengambilan keputusan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. 

Seiring perkembangan waktu, ketika jumlah penduduk dan cakupan wilayah semakin luas. Hal ini justru membuat demokrasi sudah tidak relevan untuk diterapkan.

Baca Juga: Digempur Moeldoko Cs, AHY Perintahkan Pasukan Siap Siaga: Para Perusak Demokrasi Berupaya Menggugat

Sehingga dalam mengambil keputusan, tidak semua warga negara dapat terlibat aktif. Oleh karena itu, dibuat semacam dewan perwakilan yang merupakan perpanjangan tangan dari seluruh aspirasi warga negara.

Di Indonesia sendiri, Presiden Soekarno pernah menerapkan sistem demokrasi terpimpin dari tahun 1959 sampai dengan 1965. Dilanjutkan oleh Presiden Soeharto dengan demokrasi pancasila nya sampai era reformasi.

Sejak era reformasi sampai sekarang, Indonesia telah menerapkan sistem demokrasi yang sesungguhnya. Dimana pada saat ini, telah ada pemilihan presiden, anggota legislatif, dan kepala daerah secara langsung.

Melalui mekanisme Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Warga negara dapat berperan aktif memilih para wakil rakyat yang akan memimpin mereka kedepannya. 

Tujuan Demokrasi

Secara umum, demokrasi dibuat untuk menciptakan kehidupan masyarakat agar lebih sejahtera, adil, dan makmur berlandaskan pada prinsip pemerataan keadilan. Hal tersebut lalu diturunkan kedalam beberapa tujuan, yaitu :

1. Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi

Negara dengan sistem pemerintahan demokrasi, memiliki kewenangan untuk memberikan kebebasan berpendapat dimuka umum. Ketika ada suatu permasalahan yang perlu segera diselesaikan, maka rakyat senantiasa memiliki hak untuk berekspresi menyampaikan pendapatnya.

Hal ini menjadi sesuatu yang sangat fundamental bagi sebuah negara demokrasi. Karena sudah seharusnya penjaminan hak dasar dapat diberikan secara terbuka demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. 

2. Mencegah Disintegrasi Bangsa

Dalam negara demokrasi, apabila terjadi permasalahan atau konflik yang sedang bergejolak. Penyelesaian masalah harus dilakukan melalui musyarawah mufakat untuk mencari solusi permasalahan. Hal ini diharapkan agar tercipta keamanan dan ketertiban umum.

3. Mendorong Keaktifan Masyarakat

Demokrasi sangat mengedepankan kedaulatan rakyat, karena rakyat dilibatkan secara langsung dalam setiap proses pengambilan keputusan. Rakyat juga didorong untuk terlibat aktif mengawasi pemerintah supaya mencegah terjadinya penyelewengan kekuasaan.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini