Kapal China Masuk Indonesia, Saran PKS Coba Deh Lakukan Pendekatan Ini, Kali Saja Ampuh

Kapal China Masuk Indonesia, Saran PKS Coba Deh Lakukan Pendekatan Ini, Kali Saja Ampuh Kredit Foto: Istimewa

Anggota Komisi 1 DPR RI Sukamta keberadaan kapal-kapal asing yang masuk wilayah Indonesia secara ilegal, tidak hanya merugikan secara ekonomi tetapi juga bisa membahayakan kedaulatan wilayah Indonesia.

Ia mengatakan demikian setelah mendengar dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR RI pada hari Senin (13/09/2021), yang mana Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia menyebut ratusan bahkan ribuan kapal Vietnam hingga China diketahui menerobos masuk wilayah Indonesia di Laut Natuna Utara saat dilakukan pengamatan secara langsung dari udara.

Baca Juga: Kapal Perang China Mondar-mandir di Natuna, Pemerintah Kenapa Seolah Takluk?

Maka dari itu, Sukamta meminta pemerintah serius untuk meningkatkan kapasitas patroli keamanan wilayah laut terluar Indonesia.

“Terutama di wilayah Laut Natuna Utara, perlu ada konsentrasi yang lebih besar untuk melakukan patroli. Wilayah ini berdekatan dengan zona sengketa di laut China Selatan antara China dan negara-negara Asean. Beberapa kali juga terjadi insiden kapal coast guard China masuk wilayah Indonesia. Jika Indonesia tidak bisa menujukkan kekuatan patroli keamanan yang memadai, pihak asing akan leluasa mengobok-obok wilayah Indonesia,” tegas Sukamta yang dikutip pada Jumat (17/9/2021).

Wakil Ketua Fraksi PKS ini mengusulkan tiga pendekatan dalam mengatasi persoalan tersebut. Pertama, dengan memperkuat kekuatan kapal patroli Bakamla.

“Bakamla menyebut hanya memiliki 10 kapal untuk patroli, ini tentu sangat minim untuk menjaga wilayah laut Indonesia yang luas. Industri pertahanan milik Indonesia bisa lebih digiatkan untuk memproduksi kapal-kapal jenis coast guard. Ini untuk mendukungan cakupan patroli yang selama ini dilakukan,” ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini