Novel Tawarkan Bantuan Buru Harun Masiku, Orang KPK: Saya Tidak Pernah Dengar...

Novel Tawarkan Bantuan Buru Harun Masiku, Orang KPK: Saya Tidak Pernah Dengar... Kredit Foto: Aditya Pradana Putra

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku membuka pintu bagi Novel Baswedan jika ingin membantu penangkapan tersangka buron, Harun Masiku. Namun, lembaga antirasuah itu menegaskan tidak membutuhkan tenaga tambahan untuk mengejar Harun.

"Kalau memang mau menawarkan silakan kami membuka pintu kalau memang mau berkolaborasi. Infonya saya sangat penting, nggak usah tenaga, kita banyak," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Jakarta, Jumat (25/3).

Baca Juga: Soal Rencana Pernikahan Anwar Usman dengan Adik Jokowi, Wakil Ketua DPR: Saya Pikir...

Hal tersebut disampaikan Karyoto sekaligus merespons pernyataan Novel Baswedan yang mengaku pernah menawarkan diri untuk membantu menangkap Harun Masiku. Namun, Novel mengaku kalau tawaran itu tidak mendapat respons dari KPK.

Karyoto mengatakan, ia tidak pernah mendapatkan tawaran tersebut selama menjabat sebagai deputi penindakan dan eksekusi di KPK. Padahal, sambung dia, Novel Baswedan merupakan koleganya dalam pemberantasan korupsi.

"Saya tidak pernah dengar kata-kata itu ke saya. Padahal, dia punya nomor telepon saya," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Longgarkan Aturan Pandemi, Boleh Tarawih dan Salat Id Berjamaah, Wagub DKI Ngomong Begini

Kendati demikian, menurutnya, penangkapan tersangka buron tentu tidak bisa dilakukan jika disampaikan terlebih dahulu ke publik.

Dia mengatakan, hal itu sengaja dilakukan agar tersangka DPR tidak mengetahui pergerakan dari tim KPK.

"Kalau kita mau mencari DPO kan kita nggak teriak-teriak ke mana-mana. Kalau teriak-teriak sama saja kamu kabur dong. Artinya ketika kita mengekspos bagaimana kita melakukan pencarian terhadap DPO sama saja, percuma," katanya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terkini

Populis Discover