Polemik Madrasah Dihapus di RUU Sisdiknas, Menteri Nadiem Gandeng Menag Yaqut Sambil Klarifikasi

Polemik Madrasah Dihapus di RUU Sisdiknas, Menteri Nadiem Gandeng Menag Yaqut Sambil Klarifikasi Kredit Foto: Dok. Kemenag

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan pihak Kementerian tidak ada keinginan untuk menghapus madrasah, sekolah, atau bentuk-bentuk satuan pendidikan lain dari sistem pendidikan nasional (sisdiknas).

"Sedari awal, tidak ada keinginan ataupun rencana untuk menghapus sekolah, madrasah, atau bentuk-bentuk satuan pendidikan lain dari sistem pendidikan nasional. Sebuah hal yang tidak masuk akal dan tidak terbesit sekalipun di benak kami," kata Nadiem di akun Instagram yang dikutip populis.id pada Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Menteri Nadiem Coret Kata Madrasah di Draf RUU Sisdiknas, Imin Geleng-geleng Sambil Ngomel: Ini Jangan Anggap Sepele!

Kata dia, sekolah maupun madrasah secara substansi akan tetap menjadi bagian dari jalur-jalur pendidikan yang diatur dalam batang tubuh dari revisi RUU Sisdiknas.

Namun, penamaan secara spesifik, seperti SD dan MI, SMP dan MTs, atau SMA, SMK, dan MA akan dipaparkan di bagian penjelasan.

"Tujuannya adalah agar penamaan bentuk satuan pendidikan tidak diikat di tingkat undang-undang sehingga jauh lebih fleksibel dan dinamis," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover