Mengulang Tragedi Chernobyl, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ukraina Terbakar?

Mengulang Tragedi Chernobyl, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ukraina Terbakar? Kredit Foto: Reuters/Armed Forces of Ukraine

Tidak lama setelah Rusia menyerang Ukraina, pemberitaan terkait situasi di Ukraina disebarkan oleh berbagai media di dunia. Termasuk salah satu media dari Korea Selatan.

Sebuah media di Korea Selatan ini menyebarkan informasi terkait kebakaran yang terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) milik Ukraina. Kebakaran terjadi imbas serangan Rusia. 

Baca Juga: Mobil Tank Ukraina Terlihat di Baghdad, Pernah Membantu Invasi Irak, kah?

Kejadian tersebut juga dikaitkan dengan tragedi Chernobyl yang memakan ratusan korban jiwa hingga kontaminasi radioaktif di penjuru Eropa Barat. 

Informasi tersebut menyertakan dua foto, pertama foto tragedi kebakaran, kedua, foto seorang tentara yang berdiri di depan tragedi kebakaran.

Informasi ini disebarkan melalui akun Facebook media yang bersangkutan dengan narasi Bahasa Korea yang kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga: Siap Menjadi Negara Netral, Ukraina Ingin Damai Dengan Rusia?

"Ukraine nuclear power plant after Chernobyl's nightmare caught fire..." 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, foto yang disertakan dalam informasi tersebut bukan merupakan foto tragedi kebakaran di PLTN Ukraina. 

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover