Sebut Anies Baswedan Pembohong, Giring Nidji Panen Kritik Netizen

Sebut Anies Baswedan Pembohong, Giring Nidji Panen Kritik Netizen Kredit Foto: Instagram/Giring Ganesha

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi saksi terkait kasus korupsi pengadaan lahan rumah DP nol rupiah di Munjul, Jakarta Timur pada Selasa (21/9/2021). Baca Juga: Halo Pak Anies, Dipanggil KPK Tuh Soal Korupsi Tanah Munjul, Ingat, Besok Jangan Telat Datang ya Pak

Adapun program rumah DP nol rupiah andalan Anies semasa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu tersebut memang hingga kini cukup banyak dipenuhi polemik dalam realisasinya. Banyak perubahan kebijakan di tengah perjalanan hingga banyak yang menganggap hal ini tidak sesuai dengan janjinya dahulu ketika masa kampanye. 

Hal ini hanyalah salah satu dari sekian proyek anies yang dinilai banyak pihak sebagai kebohongan dan hanya sekadar janji manis. Salah satunya keluar dari mantan personel band Nidji yang kini menjabat sebagai Plt Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha yang menyebut Anies sebagai seorang pembohong. Dalam sebuah video yang menampilkan dirinya, ia menyoroti bagaimana kinerja Anies semasa pandemi dan mengimbau agar masyarakat Indonesia mempertimbangkan kembali dalam memilih Anies pada Pilpres 2024 mendatang. Baca Juga: Dikuliti, PSI Wanti-wanti Indonesia Jangan Sampai Jatuh Ke Pelukan Anies Baswedan!

"Pura-pura peduli adalah kebohongan Gubernur Anies di tengah pandemi dan penderitaan rakyat. Rekam jejak pembohong ini harus kita ingat, sebagai bahan pertimbangan saat pemilihan presiden 2024. Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan pembohong, jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan Anies Baswedan," ujarnya dikutip dari psi.id pada Selasa (21/9/2021).

Selain pembentukan persona Anies di hadapan media yang selalu tampak peduli dengan penderitaan rakyat semasa pandemi, Giring mengajak masyarakat untuk menguji hal tersebut dengan menilik pada cara Anies membelanjakan uang rakyat semasa pandemi.

"APBD Jakarta yang begitu besar dia belanjakan untuk kepentingan ego pribadi untuk maju sebagai calon presiden 2024. Dia mengabaikan tekanan rakyat yang meminta dia membatalkan rencana balap mobil Formula E dan menggunakan Rp 1 triliun uang rakyat untuk acara tidak berguna itu," bebernya.

Pelantun singel "Hapus Aku" itu juga mengungkap bahwa uang muka penyelenggaraan Formula E dibayarkan Anies pada saat pemerintah secara resmi mengumumkan negara dalam keadaan darurat pandemi. Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa sungguh ironis karena Anies justru malah menyatakan menyerah dalam mengatasi situasi pandemi di Jakarta dan mengaku tak ada dana untuk mengatasinya, sehingga terpaksa harus menyerahkan penanganan kepada pemerintah pusat.

"Saya percaya, kejujuran adalah resep penting untuk keluar dari krisis. Situasi genting akibat pandemi ini memerlukan keterbukaan dan transparansi. Karena hanya dengan itu kita bisa mengidentifikasi masalah dengan benar dan mencari jalan keluar dari krisis," ungkapnya.

Dalam hal ini, ia juga berpendapat bahwa dalam situasi krisis, pemimpin harus berupaya sekeras mungkin untuk mengatasinya. Ia menilai bahwa Anies bukanlah contoh orang yang bisa mengatasi krisis.

Sontak setelah videonya tersebut beredar di jagat media sosial, banyak sekali netizen yang turut berkomentar. Di antara mereka, cukup banyak yang melontarkan kritik pedas atas apa yang dibicarakan oleh Giring. 

"Akan lebih banyak lagi yang gak rela jika elo yang jadi presiden 2024. Najiss...!!!" tulis akun @HisyamMochtar.

"Giring PSI Tak Rela Jika Anies Jadi Presiden 2024. Diihh siapa juga eloh. Haha kagak ada prestasi, Halu!" kata akun @marlina_idha

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu juga turut berkomentar terkait video yang diunggah oleh akun Twitter resmi PSI tersebut. Ia memberikan komentar bernada sarkastik yang menyasar ke pihak lain, yakni Presiden Joko Widodo.

"Mari munculkan kebohongan pemimpin yg ada: 1) mobil esemka, 2) tdk akan ngutang, 3) tdk akan impor, 4) tdk akan bagi2 jabatan, 5) akan perkuat KPK, 6) ekonomi meroket, 7) dst," tulisnya sembari mengutip cuitan akun @psi_id tersebut.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini