Anies Baswedan yang Tidak Sopan di Hadapan Kepala Negara, Apa Benar?

Anies Baswedan yang Tidak Sopan di Hadapan Kepala Negara, Apa Benar? Kredit Foto: Istimewa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono baru saja meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasir Rumput di Manggarai, Jakarta Selatan, pada Senin (20/9/2021). 

Adapun rusun tersebut sebelumnya merupakan tempat penampungan pasien Covid-19 di Jakarta. Saat pandemi Covid-19 di Jakarta mulai melandai, Pemerintah memutuskan untuk meresmikan tempat tersebut agar dipasarkan menjadi rusun warga Jakarta.

Rusun tersebut dibangun melalui anggaran sebesar Rp 970 miliar dengan menggunakan konsep mixed-use development, dengan 1.984 unit hunian bertipe 36 yang terdapat di lantai empat sampai lantai 25. Rusun ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas seperti pasar yang dilengkapi 318 kios dan 350 los, 649 kios di lantai dua, serta fasilitas umum dan fasilitas sosial di lantai tiga. 

"Keberadaan pasar dengan fasos dan fasum yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti pedagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, terdapat hal yang cukup disorot sejumlah pihak terkait sejumlah foto yang beredar, di mana dalam foto tersebut terdapat potret saat Presiden Jokowi, Gubernur Anies Baswedan, serta Menteri Basuki sedang berbincang. Hal yang disorot tersebut adalah saat dimana gestur Anies yang sedang menyimak Jokowi namun sembari bersandar rileks ke tembok, sementara Menteri Basuki menyimak dengan berdiri tegak. 

Baca Juga: Mas Anies, Oh Mas Anies... Presiden Lagi Ngomong, Eh Dia Senderan di Tembok

Jika ditarik lebih jauh ke masa-masa sebelumnya ketika Anies mendampingi Presiden, kebiasaan Anies tersebut memang beberapa kali terjadi. Salah satu yang pernah viral adalah pada 2018 lalu ketika Anies mendampingi Presiden Jokowi untuk meninjau progres pembangunan Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Utara untuk persiapan Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

Dari sekian foto yang beredar, terdapat sebuah foto yang dianggap sejumlah netizen sebagai bentuk ketidaksopanan Anies di hadapan Kepala Negara. Dalam foto tersebut, Anies didapati sedang berbincang dengan Presiden dengan gestur berkacak pinggang, dimana saat itu, Menteri Basuki beserta eks-Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berdiri dengan tegak penuh tata krama. 

Ilustrasi tersebut sontak memancing sejumlah pihak untuk mengkritik Anies saat itu. Banyak di antara mereka yang menilai Anies tak menjunjung tinggi tata krama serta adab ketimuran. Bahkan setelah sekian lama, foto ini sempat kembali diungkit oleh eks-politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean dalam Twitter pribadinya.

Pada cuitan pada bulan Juni lalu tersebut, Ferdinand memasang sepasang foto, yang pertama adalah foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tengah membungkukan badan di hadapan Presiden Jokowi, yang kedua adalah foto Anies di Wisma Atlet tersebut. Foto tersebut seolah membandingkan tingkat tata krama seorang pejabat antara Ganjar dan Anies.

Image

"Belajar adab ketimuran..!! Bukan ketimur tengahan," tulis Ferdinand sembari melampirkan kedua foto.

Meski begitu, sejauh ini Presiden Jokowi sama sekali tidak pernah berkomentar apalagi mempermasalahkan terkait gestur Anies yang dianggap sejumlah pihak tak ada sopan santun tersebut. 

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini