RUU Sisdiknas Dikecam Banyak Kalangan, Ada Apa Dengan Nadiem Makarim?

RUU Sisdiknas Dikecam Banyak Kalangan, Ada Apa Dengan Nadiem Makarim? Kredit Foto: Dok. Kemendikbudristek

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mendapat banyak kecaman pasca dianggap menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) Sisdiknas secara diam-diam.

Hal tersebut membuat Pengamat pendidikan Indra Charismiadji merasa prihatin karena dianggap akan mengancam kualitas dan tata kelola pendidikan nasional. Padahal RUU Sisdiknas sangat menyangkut masa depan pendidikan, sehingga warga negara berhak mengetahui apa isi dokumen RUU tersebut.

"Informasinya masih sangat terbatas, mengingat sampai saat ini Kemendikbud Ristek bertahan tidak membuka berkas untuk publik secara luas," ujar Indra dalam keterangan resminya yang diterima populis.id, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Petantang-petenteng Sebut Ade Armando Sudah Mati, Provokator Satu Ini Kena Seret Juga Sama Polisi!

Baca Juga: Buntut Panjang RUU Sisdiknas, HNW Desak Jangan Hapus Madrasah

Indra merasa curiga dengan sikap pemerintah yang tertutup dalam proses penyusunan RUU Sisdiknas. Ia sendiri mengaku telah menemukan sejumlah kejanggalan yang menurutnya tidak seperti apa yang diharapkan.

"Selama ini menemukan sejumlah kejanggalan dan manipulasi dalamĀ  pasal-pasal draft RUU Sisdiknas seperti hilangnya nomenklatur madrasah, komersialisasi pendidikan, dan bergesernya tanggung jawab negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

Indra justru menuding RUU yang ditargetkan masuk program legislasi nasional (prolegnas) prioritas pada Mei 2022 ini dibuat hanya untuk menyukseskan program-program dari Nadiem Makarim yang sedang berjalan, bukan untuk membuat kebijakan pendidikan nasional untuk jangka panjang.

"Ada kecurigaan bahwa RUU ini dirancang untuk mengakomodir program-program Kemendikbud Ristek yang sekarang sedang berjalan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terkini

Populis Discover