Pantas Tak Mau Terjun ke Politik, Bisnisnya Kaesang Berceceran

Pantas Tak Mau Terjun ke Politik, Bisnisnya Kaesang Berceceran Kredit Foto: Instagram Kaesang Pangarep

Putra bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sejak kemarin sedang ramai diperbincangkan di dunia maya setelah ia tampil sebagai tamu dalam Podcast Deddy Corbuzier di Youtube pada Selasa (21/9/2021). Hal yang menjadi sorotan adalah perbincangan mereka terkait bisnis Kaesang dan ketertarikannya terhadap dunia politik.

Seperti diketahui, Ayah Kaesang, yakni Jokowi adalah Presiden RI, sementara kakaknya, Gibran Rakabuming beberapa waktu lalu baru saja dilantik menjadi Wali Kota Solo. Uniknya, ketika ditanyai Deddy terkait terjun ke dalam dunia politik, Kaesang justru menampik bahwa dia lebih memilih bergelut di dunia bisnis karena gajinya lebih menjanjikan.

Baca Juga: Kaesang Emoh Masuk Dunia Politik, Ribet.. Mending Santai-santai

"Bukan gak mau, tertarik dengan politik sebenarnya iya. Karena dinamikanya. Cuma saya kan tau, ya, gajinya Mas Gibran, Wali Kota berapa, ya, kalau sama saya ya, kasihan, udah gajinya segitu, kena Covid lagi, kemarin kan (Gibran) kena Covid" ungkapnya sambil tertawa.

Baca Juga: Kaesang Sebut Gaji Jadi Wali Kota Kecil, Eh Mas Gibran Bongkar Pengakuan Sebenarnya..

Adapun Kaesang membeberkan pendapatan Jokowi sebagai Presiden dibandingkan dengan dirinya. Menurutnya, gaji ayahnya tersebut kecil jumlahnya. Kaesang bahkan mengakui bahwa ayahnya pernah menunjukkan isi rekeningnya.

"Gajinya bapak juga kecil, saya dikasih tau rekeningnya (Jokowi), bapak gak ada duit. Saya [ernah ngomong 'pabriknya bapak saya beli sekarang bisa, cash'. Karena bisnis saya berkembang, sedangkan bisnis bapak stagnan di situ aja" bebernya.

Tak hanya itu, Kaesang juga menyebut bahwa untuk menjadi pejabat publik maka tidak akan bisa menjalankan bisnis karena harus fokus kepada rakyat. Ia mengambil contoh ayah dan kakaknya yang tak lagi sibuk dengan bisnis seperti sebelum diangkat menjadi pejabat.

"Gak boleh ngurus perusahaan karena harus ngurus Wali Kota kan. Presiden gak boleh, bisnis bapak sekarang saya yang tanggung jawab. Bapak gak ikut campur di bisnis, semua kuasa di saya semua. Dia benar-benar jadi Presiden, dan berani bilang 'duit bapak sedikit', soalnya bisnis dipegang saya, keuntungan semua buat saya," jelasnya.

Kaesang juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak pantas berada di dunia politik. Ia menganggap bahwa menjadi pejabat publik membutuhkan tanggung jawab yang besar, dan ia tidak menginginkannya.

"Mending saya nyantai-nyantai... Menikmati hidup," ujarnya.

Adapun Kaesang sendiri memang terkenal dengan kerajaan bisnisnya yang sudah cukup besar. Dilansir dari Warta Ekonomi, ia memiliki kira-kira 10 jenis usaha, yakni:

  1. Sang Javas, usaha kaus bergambar karikatur ini didirikan pada Agustus 2017 dan berhasil menjual 2.000 potong kaus.
  2. Sang Pisang, usaha pisang nugget yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai daerah, bahkan hingga mancanegara, didirikan pada November 2017.
  3. Hompimpa Games, usaha mainan di Solo, didirikan bersama kakaknya, Gibran, pada November 2017.
  4. Aplikasi Madhang, usaha platform jual beli khusus masakan khas rumahan, berdiri pada Desember 2017, meskipun kabarnya aplikasi tersebut sudah tak aktif.
  5. Sang Javas-Truz, usaha pakaian khusus para skaters, berdiri pada Februari 2018 lewat kerja sama dengan brand lokal Truz.
  6. Ikan Lele, mulai berjalan pada Februari 2019.
  7. Ternakopi, usaha gerai kopi olahan yang diluncurkan pada April 2019 bersama dengan Gibran.
  8. Siapmas, usaha minuman dan makanan ringan yang memproduksi Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink yang dipasarkan secara ritel di minimarket, didirikan bersama Gibran pada Agustus 2019.
  9. Mangkok Ku, bisnis restoran yang ia dirikan bersama chef kondang Arnold Poernomo beserta Gibran pada Juni 2019 dan berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.
  10. Yang Ayam, usaha kuliner dengan menu ayam kalasan yang ia dirikan pada Desember 2019.

Adapun bermacam usahanya tersebut belum termasuk perusahaan sang ayah dan sang kakak yang kini turut ditanganinya. Kaesang juga turut terjun di dunia sepak bola Indonesia. Pada Maret lalu, Kaesang baru saja mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pemegang saham mayoritas sebesar 40 persen di PT Persis Solo Saestu yang membawahi klub Persis Solo yang kini berlaga di kasta kedua sepak bola Indonesia, Liga 2.

"Walaupun kelihatannya bisnis ecek-ecek tetapi setidaknya saya happy," katanya kepada Deddy.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini