Biografi Ludwig Von Mises: Ekonomis Austria School dengan Teori Monetary

Biografi Ludwig Von Mises: Ekonomis Austria School dengan Teori Monetary Kredit Foto: Mises.org

Kehidupan Awal Mises

Ludwig von Mises (1881–1973) lahir dalam keluarga Yahudi kelas atas yang berasimilasi di Lemberg, Galicia, Kekaisaran Austro-Hungaria (sekarang Lviv, Ukraina).

Mises dibesarkan dalam suasana poliglot dengan prestasi tinggi. Selain bahasa Jerman asalnya, bocah itu fasih berbahasa Polandia dan Prancis, bisa mengerti bahasa Inggris dan Ukraina, dan memiliki pengetahuan membaca bahasa Latin dan Yunani kuno. Adiknya, Richard von Mises, menjadi ahli matematika terkemuka, ahli teori probabilitas, dan anggota Lingkaran Wina.

Kakek buyut Mises pertama kali dimuliakan, memungkinkan leluhurnya menambahkan "von" ke nama keluarga. Ayahnya, Arthur Edler von Mises, adalah seorang raja kereta api yang membantu membiayai pembangunan rel kereta api di seluruh Kekaisaran. Mahkota Austria mengakui pencapaiannya dengan memberinya gelar "Edler" ["bangsawan"]. Nama lengkap putranya adalah Ludwig Heinrich Edler von Mises.

Ibu Mises adalah keponakan dari anggota Partai Liberal di Parlemen Austria.

Pendidikan Mises

Pada tahun 1904, Mises diterima sebagai mahasiswa di Universitas Wina. Meskipun ia secara resmi menjadi mahasiswa di fakultas hukum, ia mencari kelas yang diajarkan oleh ekonom terkenal Eugen von Böhm-Bawerk dan Friedrich von Wieser . Dengan cara inilah—seperti guru-gurunya sebelumnya (lihat entri Daftar Istilah untuk “Ekonomi Austria”)—Mises jatuh cinta pada tulisan-tulisan pendiri ekonomi Austria, Carl Menger .

Pada saat ini, Mises juga berkenalan dengan teman sekelas ekonominya, Joseph A. Schumpeter dan Friedrich A. Hayek, yang (bersama dengan Mises sendiri) akhirnya dikenal sebagai "generasi kedua" ekonom Austria.

Pada tahun 1906, Mises menerima gelar JD-nya.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini