Biografi Charles Fourier: Sosialis Utopis Prancis

Biografi Charles Fourier: Sosialis Utopis Prancis Kredit Foto: Flickr.com

Francois Marie Charles Fourier (7 April 1772 – 10 Oktober 1837) adalah seorang sosialis dan filsuf utopis Prancis yang menganjurkan rekonstruksi masyarakat berdasarkan gagasan bahwa hasrat alami manusia akan, jika disalurkan dengan benar, menghasilkan harmoni sosial. 

Dia percaya bahwa dia telah menemukan hukum interaksi sosial, sebanding dengan hukum interaksi fisik Newton . Fourier mengidentifikasi dua belas nafsu dasar manusia: lima indera ( sentuhan ,rasa, pendengaran , penglihatan dan penciuman ); empat jiwa (persahabatancinta , ambisi dan orang tua ); dan tiga yang dia sebut "distributif," yang memastikan keseimbangan semua yang lain.

Fourier membayangkan sebuah masyarakat yang terorganisir dalam unit yang disebut "phalanx" yang terdiri dari perwakilan pria dan wanita dari 810 tipe kepribadian, di mana interaksi alami secara otomatis akan menghasilkan kedamaian dan harmoni. Di komunitas-komunitas ini, status kerja manual akan ditingkatkan dengan membuat pekerjaan menyenangkan dan memuaskan. Fourier juga menganjurkan emansipasi wanita dan menciptakan kata feminisme pada tahun 1837.

Kehidupan Awal

Fourier lahir di Besançon pada 7 April 1772, putra Charles Fourrier, seorang pedagang kain kaya, dan Marie Muguet. Dia menerima pendidikan klasik yang solid di Jesuit College de Besancon (1781-1787), tetapi sebagian besar otodidak. Ia pindah dari kota asalnya Besançon ke Lyon, kota terbesar kedua di Prancis . 

Sebagai satu-satunya anak laki-laki yang masih hidup dalam keluarganya, ia diharapkan untuk menggantikan ayahnya sebagai kepala bisnis keluarga, dan ia mulai magang di perdagangan kain pada usia enam tahun. Dia mendapati dirinya tidak cocok untuk perdagangan dan menyesalkan tipu muslihatnya sebagai tidak bermoral. 

Namun demikian, setelah kematian ayahnya pada tahun 1781, menurut ketentuan surat wasiatnya, Fourier terpaksa memasuki karir komersial pada usia dua puluh atau kehilangan warisan yang cukup besar sebesar 42.932 livre.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini