'Menyebut Ade Armando Penista Agama Jelas Tidak Sesuai Fakta Hukum'

'Menyebut Ade Armando Penista Agama Jelas Tidak Sesuai Fakta Hukum' Kredit Foto: Istimewa

akar Komunikasi Politik Universitas Airlangga, Henry Subiakto mengaku sempat mendengar orang yang menilai aktivis Ade Armando dianiaya karena Negara tidak adil, membiarkan penista agama tetap berkeliaran, bikin konten yang menyerang umat Islam.

Pandangan Henry, yang berhak untuk menuding seseorang dikatakan menista agama hanya keputusan pengadilan. Sebab menurutnya, hanya pengadilan yang berhak menentukan orang itu bersalah atau tidak.

"Dengan demikian menyebut Ade penista Agama jelas tidak sesuai fakta hukum," tegas Henry melalui akun Facebook-nya Henri Subiakto, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga: Gegara Pendukungnya Ikut Keroyok Ade Armando, Anies Baswedan Kena Disentil Abu Janda

Meski demikian, Henry mengatakan, bukan berarti dirinya tak memperbolehkan jika ada sebagian orang atau warga negara berpendapat. Tapi dia mengatakan, tidak berarti pendapat itu benar, karena belum diuji.

"Belum dibahas secara hukum. Terlebih dibuktikan di pengadilan. Apalagi yang berpendapat adalah orang-orang yang sebagian besar tidak kompeten bicara tentang itu. Mereka bicara lebih dikarenakan perasaan kecewa, atau terkait perasaan tidak senang," ungkapnya.

Baca Juga: Sebut Ade Armando Sudah Mati, Muannas Mencak-mencak Arif Ferdini! Kadrun Level Atas, Bahaya Betul!

Padahal, kata Henri, istilah penistaan agama sendiri merupakan istilah yang tidak tepat dalam sistem hukum Indonesia. Penistaan agama itu berasal dari bahasa Inggris, blasphemy.

"Secara umum, blasphemy didefinisikan sebagai any oral or written reproach maliciously cast upon God, His name, attributes, or religion (celaan secara verbal atau tertulis apapun dengan kedengkian terhadap Tuhan, nama-Nya, sifat-Nya, atau agama). Sampai sekarang tidak ada kesepakatan pengertian blasphemy secara internasional," bebernya.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Akurat.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover