Apa Itu Pascakolonialisme?

Apa Itu Pascakolonialisme? Kredit Foto: Freepik.com

Pascakolonialisme adalah studi akademis kritis tentang warisan budaya, politik dan ekonomi kolonialisme dan imperialisme, dengan fokus pada dampak kontrol dan eksploitasi manusia terhadap orang-orang terjajah dan tanah mereka.

Baca Juga: Apa Itu Kolonialisme?

Lebih khusus lagi, ini adalah analisis teori kritis tentang sejarah, budaya, sastra, dan wacana kekuasaan kekaisaran (biasanya Eropa).

istilah Pascakolonialisme juga dapat digunakan untuk menggambarkan proyek bersamaan untuk merebut kembali dan memikirkan kembali sejarah dan agensi orang-orang yang tersubordinasi di bawah berbagai bentuk imperialisme

Postkolonialisme menandakan kemungkinan masa depan untuk mengatasi kolonialisme, namun bentuk-bentuk baru dominasi atau subordinasi dapat muncul setelah perubahan tersebut, termasuk bentuk-bentuk baru imperium global. 

Postkolonialisme tidak boleh disamakan dengan klaim bahwa dunia yang kita tinggali sekarang sebenarnya bebas dari kolonialisme.

Sejarah Dekolonisasi ke Pascakolonialisme

Meskipun ada (dan) banyak jenisimperialisme dan dengan demikiandekolonisasi, dua periode paling penting bagi mereka yang mempelajari poskolonialisme termasuk pelepasan Inggris dari kerajaan keduanya (abad ke-19 dan ke-20) dan gerakan dekolonisasi tahun 1960-an dan 70-an di Afrika dan di tempat lain. 

Selama era terakhir khususnya banyak prinsip dan instrumen internasional dekolonisasi diumumkan secara resmi (walaupun sejarah kemunculan dan pembentukannya lebih jauh ke belakang) dan bahwa bahasa penentuan nasib sendiri nasional diterapkan pada gerakan-gerakan liberasionis di dalam negeri bekas wilayah jajahan. Proses-proses yang dipicu oleh perjuangan tersebut tidak hanya bersifat politik dan ekonomi tetapi juga budaya.

Baca Juga: Kena Semprot Loyalis Jokowi, Rocky Gerung Disebut Bermental Kolonialisme

Istilah poskolonialisme juga terkadang digunakan untuk merujuk pada perjuangan masyarakat adat di berbagai belahan dunia pada awal abad ke-21. 

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini