Biogradi Michael Hardt: Filsuf Politik dan Ahli Teori Sastra

Biogradi Michael Hardt: Filsuf Politik dan Ahli Teori Sastra Kredit Foto: Flickr.com: karim amar

Michael Hardt (b. 1960) adalah seorang filsuf politik dan ahli teori sastra, terkenal karena tiga buku yang ia tulis bersama dengan Antonio Negri:  Empire  (2000) , Multititude: War and Democracy in the Age of Empire  (2004) ,  dan  Commonwealth  ( 2009). 

Baca Juga: Biografi Antonio Gramsci: Jurnalis dan Aktivis Italia yang Terkenal karena Menyototi Peran Budaya dan Pendidikan

Triloginya , khususnya volume pertamanya— Empire— sering dipuji sebagai “Manifesto Komunis abad ke-21  .” Michael Hardt adalah profesor sastra di Duke University dan profesor filsafat di The European Graduate School / EGS.

Hardt, bagaimanapun, tidak memulai baik sebagai mahasiswa filsafat atau sastra. Memang, ia mulai sebagai seorang insinyur, menerima gelar Bachelor of Science dari Swarthmore College, pada tahun 1983.

Selama ini, Hardt bekerja untuk perusahaan energi surya, baik di Italia dan Amerika Serikat. Ini bukanlah waktu yang apolitis dalam kehidupan Hardt.

Sebaliknya, ia melihat pekerjaan di bidang energi alternatif sebagai politik: “Saya pikir melakukan rekayasa energi alternatif untuk negara-negara dunia ketiga akan menjadi cara melakukan politik yang akan keluar dari semua pose politik kampus yang saya benci ini.” 

Setelah Sarjana, ia mengalihkan perhatiannya ke sastra komparatif, dan menerima gelar MA dari University of Washington, pada tahun 1986. Empat tahun kemudian, ia akan menyelesaikan PhD dalam sastra komparatif, juga di University of Washington.

Baca Juga: Biografi Voltairine De Cleyre: Anarkis Amerika dengan Bakat Sastra yang Besar

Sejalan dengan studinya sepanjang tahun 1980-an, Hardt berpartisipasi dalam Gerakan Sanctuary—kampanye politik dan agama untuk menyediakan tempat yang aman di Amerika Serikat bagi para pengungsi Amerika Tengah yang melarikan diri dari konflik sipil. Kampanye tersebut merupakan tanggapan terhadap kebijakan federal pemerintah Amerika yang membatasi pencari suaka. 

Kemudian, Hardt akan membantu mengorganisir sebuah proyek untuk melengkapi Universitas El Salvador dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang disumbangkan. Selama waktu ini, Hardt juga terlibat dalam perang yang didanai AS di seluruh Amerika Tengah. 

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini