Apa Itu Kosmopolitan?

Apa Itu Kosmopolitan? Kredit Foto: Immigraninvest

Kosmopolitanisme adalah gagasan bahwa semua manusia adalah anggota dari satu komunitas. Penganutnya dikenal dengan istilah kosmopolitan atau kosmopolit. Kosmopolitanisme bersifat preskriptif dan aspiratif, meyakini bahwa manusia dapat dan harus menjadi “warga dunia” dalam “komunitas universal”.

Baca Juga: Apa Itu Masyarakat Terbuka?

Idenya mencakup dimensi dan jalan komunitas yang berbeda, seperti mempromosikan standar moral universal, membangun struktur politik global, atau mengembangkan platform untuk ekspresi budaya dan toleransi bersama.

Kosmopolitanisme , dalam teori politik, keyakinan bahwa semua orang berhak atas rasa hormat dan pertimbangan yang sama, tidak peduli apa status kewarganegaraan mereka atau afiliasi lainnya.

Kosmopolitanisme dalam filsafat Stoic

Pendukung awal kosmopolitanisme termasuk Diogenes sinis dan Stoa seperti Cicero . Para pemikir itu menolak gagasan bahwa seseorang harus ditentukan secara penting oleh kota asalnya, seperti tipikal laki-laki Yunani pada waktu itu. Sebaliknya, mereka bersikeras bahwa mereka adalah “warga dunia.”

Filsuf Stoic menentang pembedaan tradisional (Yunani) antara orang Yunani dan barbar dengan menerapkan istilah ocaltural pada diri mereka sendiri , dengan demikian menyiratkan bahwa polis mereka , atau negara kota, adalah seluruh kosmos, atau seluruh dunia. 

Alexander Agung tidak menyukai perbedaan itu dengan mengizinkan para jenderalnya menikahi ocal asli dari tanah yang telah mereka taklukkan, tetapi kebijakannya mendapat perlawanan di lapangan dan kejutan di rumah. 

Kaum Stoa (dari abad ke-4 hingga ke-3 SM ) menerobos asumsi Yunani tentang superioritas ras dan ocal mereka sendiri dan mempertimbangkan kosmopolitanisme baru dari perspektif filosofis.

Orang Yunani sebelumnya telah merasa bahwa itu adalah perintah alam itu sendiri (atau pemeliharaan Zeus ) bahwa umat manusia telah dibagi menjadi orang Yunani dan barbar. 

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini