Apa itu Stigma Sosial?

Apa itu Stigma Sosial? Kredit Foto: Viva

Stigma sosial adalah ketidaksetujuan atau diskriminasi terhadap seseorang berdasarkan karakteristik sosial yang dapat dipahami yang membedakan mereka dari anggota masyarakat lainnya. 

Ini juga dapat digambarkan sebagai label yang mengaitkan seseorang dengan serangkaian karakteristik yang tidak diinginkan yang membentuk stereotip.

Stigma sosial umumnya berhubungan dengan budaya, jenis kelamin, ras, penyakit, dan penyakit. Individu yang mengalami stigmatisasi biasanya merasa berbeda dan diremehkan oleh orang lain.

Stigma dapat mempengaruhi perilaku orang-orang yang distigmatisasi: mereka sering mulai bertindak dengan cara yang diharapkan oleh stigmatisasi mereka. Ini juga membentuk emosi dan keyakinan mereka, menyebabkan depresi, dan memaparkan identitas sosial seseorang pada situasi harga diri yang rendah.

Jenis-jenis stigma:
• Deformitas yang nyata atau eksternal.
• Penyimpangan yang diketahui dalam sifat-sifat pribadi, seperti dianggap (benar atau salah) sebagai orang yang berkemauan lemah, mendominasi atau memiliki nafsu yang tidak wajar, keyakinan yang berbahaya atau kaku, dan tidak jujur. Contohnya meliputi: gangguan mental, pemenjaraan, kecanduan, homoseksualitas, pengangguran, upaya bunuh diri, dan perilaku politik radikal.
• Stigma suku; afiliasi dengan kebangsaan, agama, atau ras tertentu yang merupakan penyimpangan dari normatif.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini