Ancam Sanksi Kader Nyolong Start Pilpres, Relawan Ganjar Meradang: PDIP Tidak Bisa menyalahkan Kadernya yang Didukung Rakyat

Ancam Sanksi Kader Nyolong Start Pilpres, Relawan Ganjar Meradang: PDIP Tidak Bisa menyalahkan Kadernya yang Didukung Rakyat Kredit Foto: Sigid Kurniawan

Ketua Umum Teman Ganjar (Tegar) Rinto Wardana menanggapi respons PDIP yang diduga ingin memberi sanksi kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Hal itu disinyalir lantaran Ganjar Pranowo dinilai mendahului perintah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Baca Juga: Relawan Ganjar Beri Peringatan ke PDIP Soal Nyolong Start Pilpres 2024: Hei Mas Hasto Anda Salah Besar

Pernyataan itu dituangkan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi temuan sejumlah gerakan di luar partai. 

Menurut Rinto Wardana, PDIP seharusnya bisa lebih responsif terkait gerakan tersebut. 

"Artinya, PDIP harus berterima kasih kepada rakyat karena dianggap sukses mencetak calon pemimpin bangsa," beber Rinto kepada GenPI.co, Rabu (22/9/2021). 

Oleh karena itu, dia beranggapan PDIP tidak seharusnya menghukum kader yang didukung oleh rakyat. 

Menurutnya, sanksi yang rencananya akan berlaku tersebut tidak sesuai bila dijatuhkan kepada Ganjar Pranowo. 

Sebab, kata dia, Gubernur Jawa Tengah itu tidak terafiliasi dengan sukarelawan yang mendukungnya.

Baca Juga: Partai Bu Mega Harus Hati-Hati Nih, Mas Ganjar Prabowo Bisa Acuhkan PDIP, Hati-Hati..

"PDIP tidak bisa menyalahkan kadernya yang didukung oleh rakyat. Gerakan ini juga atas inisiatif rakyat, bukan dari Ganjar Pranowo," jelasnya. 

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto menyebutkan capres dan cawapres dari partainya ditentukan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Baca Juga: Camkan Ini Baik-baik Bu Mega, Mas Ganjar Bisa Membelot ke Parpol Lain Demi Nyapres di 2024

Menurut Hasto, PDIP akan memberi sanksi disiplin bila ada kader yang membicarakan masalah Pilpres 2024. Selain itu, PDIP akan memberi sanksi bila ada anggota partai mendeklarasikan atau dideklarasikan menjadi capres atau cawapres 2024.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini