Apa Itu Sandwich Generation? Kenali Penyebabnya

Apa Itu Sandwich Generation? Kenali Penyebabnya Kredit Foto: WE Group

Sandwich Generation adalah suatu kondisi di mana seseorang yang sudah dewasa dan berpenghasilan harus membiayai kebutuhan hidup dua generasi selain dirinya sendiri, yaitu orang tua dan anaknya. 

Dinamakan Sandwich Generation atau dalam bahasa Indonesianya Generasi Roti Lapis dikarenakan kondisi tersebut layaknya sebuah roti lapis yang berisikan berbagai macam isian, seperti daging, keju, dan sayur lalu dilapisi roti di kedua sisinya.

Sama halnya dengan roti lapis, kondisi seseorang yang mengalami Sandwich Generation diibaratkan sebagai isian dari roti lapis tersebut yang diapit oleh dua roti yang melambangkan dua generasi lainnya. Hal tersebut menggambarkan kondisi finansial seseorang yang terhimpit oleh dua generasi, yaitu generasi sebelumnya dan generasi setelahnya.

Baca Juga: Dorong Produk Halal Indonesia, Gobel Sebut Kaum Milenial Menjadi Motor Perubahan Ekonomi Halal

Seseorang yang berada di kondisi tersebut merasa kesulitan dalam mengatur keuangannya karena mereka harus menyisihkan penghasilannya untuk memenuhi tanggung jawab kepada kehidupan orang tua dan anaknya. 

Tak heran, orang yang berada di Sandwich Generation cenderung mudah stres karena hasil kerja keras mereka kebanyakan dipakai untuk memenuhi kebutuhan orang tua dan anaknya. Sedikit dari mereka yang dapat menyisihkan penghasilan untuk kesenangan sendiri. Tak jarang, orang yang mengalami Sandwich Generation berkeinginan melepas dirinya dari kodisi tersebut. Bahkan, mereka sudah menyiapkan financial planning yang matang agar anak-anak mereka kelak tidak mengalami hal yang sama.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini