Apa Itu Etnosentrisme?

Apa Itu Etnosentrisme? Kredit Foto: ichi. pro

Etnosentrisme adalah istilah yang digunakan antropolog untuk menggambarkan pendapat bahwa cara hidup seseorang itu wajar atau benar. 

Beberapa hanya akan menyebutnya ketidaktahuan budaya. Etnosentrisme berarti bahwa seseorang dapat melihat budayanya sendiri sebagai cara hidup yang benar. 

Bagi mereka yang belum mengalami budaya lain secara mendalam dapat dikatakan etnosentris jika mereka merasa bahwa hidup mereka adalah cara hidup yang paling alami. 

Beberapa budaya mungkin serupa atau tumpang tindih dalam ide atau konsep, namun, beberapa orang dalam arti tertentu, terkejut mengalami perbedaan yang mungkin mereka hadapi dengan individu yang berbeda budaya dari diri mereka sendiri. 

Dalam kasus ekstrim, sekelompok individu mungkin melihat cara hidup budaya lain dan menganggapnya salah, karena itu, kelompok tersebut mungkin mencoba mengubah kelompok lain ke cara hidup mereka sendiri.

Contoh etnosentrisme dalam budaya adalah budaya Asia di semua negara Asia. Di seluruh Asia, cara makannya adalah menggunakan sumpit setiap kali makan. 

Orang-orang ini mungkin merasa tidak perlu menemukan bahwa orang-orang di masyarakat lain, seperti masyarakat Amerika, makan menggunakan garpu, sendok, pisau, dll. Karena negara-negara ini menggunakan sumpit untuk makan setiap kali makan, mereka merasa bodoh jika budaya lain tidak menggunakan sumpit,peralatan yang mirip dengan sumpit.

Namun, mereka menerima kenyataan bahwa mereka menggunakan peralatan makan yang berbeda. 

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini