Apa Itu Narodnik?

Apa Itu Narodnik? Kredit Foto: nytimes

Narodnik  merupakan anggota kembali sosialis abad ke-19 di Rusia yang percaya bahwa propaganda politik di antara kaum tani akan mengarah pada kebangkitan massa dan, melalui pengaruh mereka, ke liberalisasi rezim Tsar. 

Karena Rusia adalah negara yang didominasi pertanian, para petani mewakili mayoritas rakyat ( narod ): maka nama embali itu,narodnichestvo, atau “populisme.”

Gerakan ini muncul di antara kaum intelektual Rusia pada tahun 1860-an dan memperoleh momentum pada tahun 1870-an. 

Itu ditingkatkan oleh ketidakpuasan dengan Alexander II’s tentang Manifesto Emansipasi tahun 1861, yang meskipun membebaskan petani dari perbudakan, menciptakan kondisi ekonomi yang tidak memuaskan bagi pertanian petani dengan mendukung pemilik tanah dalam redistribusi tanah dan dengan memaksakan embal kompensasi kolektif yang terlibat di desa-desa. 

Narodniki mewujudkan dalam ajaran mereka sejumlah besar ideologi komunis yang dikumpulkan dariKarya-karya Karl Marx , menerima, misalnya, ide-idenya tentang kepemilikan dan produksi komunal dan ketidaksukaannya terhadap perusahaan swasta. Namun, mereka memodifikasi dua prinsip dasar Marx. 

Pertama, mereka percaya pada komunisme embali dan mengabaikan proletariat embali, yang pada waktu itu hanya mewakili embali kecil dari populasi Rusia.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini