Biografi Xie Fuzhi: Komandan Militer Tiongkok yang Setia pada Mao Zedong

Biografi Xie Fuzhi: Komandan Militer Tiongkok yang Setia pada Mao Zedong Kredit Foto: inf.news

Xie Fuzhi adalah seorang komandan militer Partai Komunis Tiongkok, komisaris politik, dan spesialis keamanan nasional. Xie dikenal karena efisiensi dan kesetiaannya kepada Mao Zedong, dan selama Revolusi Kebudayaan ia memainkan peran kunci dalam memburu musuh Ketua.

Latar belakang

Ia lahir pada tahun 1909 di Kabupaten Hong'an, Hubei dan meninggal di Beijing pada tahun 1972.

Karier

Ia bergabung dengan Partai Komunis Tiongkok pada tahun 1931, pada usia 22 tahun.

Sebelum tahun 1949, Xie menjabat sebagai komisaris politik di Kolom 4 Tentara Lapangan ke-2, di bawah rantai komando komisaris yang mengarah ke Komisaris Politik Angkatan Darat Lapangan Deng Xiaoping.

Unitnya terlibat dalam Kemenangan Kampanye Huai Hai melawan sayap kanan Kuomintang, setelah itu digabung menjadi Angkatan Darat ke-14 yang baru dibentuk dari Tentara Lapangan ke-2 sebagai Divisi ke-41. Xie muncul dari reorganisasi pasca-pembebasan sebagai Komisaris Politik Tentara ke-4, Tentara Lapangan ke-2.

Ia menjabat dengan mantan komandannya Jenderal Chen Geng, dan merangkap sebagai Wakil Komisaris Politik Angkatan Darat ke-3, Tentara Lapangan ke-2 di bawah Jenderal Chen Xilian, kemudian menjadi tokoh militer Revolusi Kebudayaan lainnya untuk mendukung Ketua Mao.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini