Apa Itu Dekolonitas?

Apa Itu Dekolonitas? Kredit Foto: Freepik.com

Dekolonialitas mengacu pada logika, metafisika, ontologi dan matriks kekuasaan yang diciptakan oleh proses masif dan akibat dari penjajahan dan kolonialisme pemukim. Matriks ini dan efek serta strukturnya yang bertahan lama disebut "kolonialitas".

Lebih jelas lagi, dekolonialitas adalah cara bagi kita untuk mempelajari kembali pengetahuan yang telah disingkirkan, dilupakan, dikubur atau didiskreditkan oleh kekuatan modernitas, kolonialisme pemukim, dan kapitalisme rasial.

Dekolonialitas bukanlah sarana untuk menolak “kemajuan” ilmiah, medis, sosial dan etika dari pengadilan zaman modern.

Ini adalah, lebih tepatnya, cara untuk mengeksplorasi kolonisasi, kolonialisme pemukim, kapitalisme rasial (terutama ketika ia tumbuh, dalam kekuatan rasial penuh, dengan perbudakan orang Afrika kulit hitam), modernitas, dan, yang terbaru, neoliberalisme dan nekrokapitalisme dan cara-caranya di mana mereka telah menggantikan berbagai cara hidup, berpikir dan berada di dunia alami kita.

Dekolonialitas mengungkapkan "sisi gelap modernitas" dan bagaimana ia dibangun "di atas punggung" "orang lain", orang lain yang dirasialisasikan, dihapus, dan/atau diobjekkan oleh modernitas.

Oleh karena itu, dekolonialitas bukanlah suatu hal yang tunggal. Ini adalah metode dan paradigma restorasi dan reparasi yang bergantung pada konteks, kondisi sejarah, dan geografi.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini