Apa Itu Buzzer?

Apa Itu Buzzer? Kredit Foto: Media Indonesia

Istilah buzzer sudah bukan hal yang asing lagi didengar belakangan ini. Terlebih lagi pembahasan terkait politik, kata buzzer akan muncul bersamaan dengan konotasi yang negatif.

Buzzer adalah individu atau kelompok yang melakukan kegiatan promosi atau menyuarakan pendapat di media sosial dengan tujuan memengaruhi opini publik.

Baca Juga: Telak Abis! Buzzer Dihajar Telak sama Ustad Ini: Yang Tak Sejalan Bakal Dikadrunkan pada Waktunya

Di Indonesia sendiri, istilah buzzer sering dicap negatif karena sering berkaitan dengan kampanye hitam atau black campaign. Kampanye hitam sendiri memiliki arti strategi yang dilakukan untuk menjatuhkan lawan. Padahal buzzer sendiri tidak semata-mata berhubungan dengan hal yang negatif.

Buzzer dapat juga digunakan sebagai strategi dalam bisnis. Misalnya, idol K-Pop yang baru merilis albumnya akan mendapatkan dukungan dari para penggemarnya. Dukungan tersebut berbentuk unggahan di media sosial, seperti di Twitter dengan membuat dan menaikkan tagar judul lagu idol K-Pop tersebut.

Hal tersebut juga dapat dilakukan brand kecantikan dalam mengambil atensi konsumen ketika merilis produk baru. Buzzer akan meramaikan media sosial dengan produk tersebut, salah satunya dengan memberikan ulasan pemakaian. Cara tersebut dapat menimbulkan rasa penasaran dan memengaruhi pendapat masyarakat sehingga tertarik untuk mencoba produk tersebut. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Undang Arie Untung dan Istrinya, Buzzer Pendukung Jokowi Kepanasan Lalu Teriak: Penghianat NKRI, Segerombolan Dengan Artis HTI

Secara umum buzzer digunakan untuk menaikkan sesuatu isu di media sosial. Cara menaikkannya pun berbeda-beda, mulai dari mempromosikan hingga menyuarakan pendapat mengenai isu-isu tertentu.

Penggunaan buzzer dalam politik sudah menjadi hal yang lumrah karena buzzer juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik, seperti kampanye. Wajar jika kata "buzzer" sudah melekat dengan sesuatu yang berbau politik. 

Walaupun sering dianggap hal negatif, nyatanya buzzer tidak sepenuhnya negatif. Terdapat pula sisi positif yang dilakukan buzzer di media sosial, seperti melakukan brand awareness.

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini