Apa Itu Partai Mahasiswa Indonesia? Berikut Sosok Ketuanya

Apa Itu Partai Mahasiswa Indonesia? Berikut Sosok Ketuanya Kredit Foto: Istimewa

Belum lama ini, terdapat aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Dalam aksi unjuk rasa tersebut, mahasiswa menyuarakan penolakan penundaan Pemilu 2024, masa perpanjangan Presiden Jokowi, dan menuntut pemerintah dalam memenuhi kewajibannya.

Mahasiswa merupakan generasi harapan yang  dipercaya dapat menyuarakan pendapat masyarakat dan memerangi para elite politik karena dianggap sebagai agent of change. Besar harapan masyarakat terhadap mahasiswa karena mahasiswa merupakan generasi unggul yang digadang-gadangkan akan menjadi penerus bangsa ke depannya.

Baca Juga: Pengamat Politik Menilai Partai Mahasiswa Indonesia Sulit Lolos ke Senayan

Namun, bagaimana jika mahasiswa berada di lingkungan yang erat kaitannya dengan elite politik?

Partai Mahasiswa Indonesia

Belakangan ini, Partai Mahasiswa Indonesia menjadi perbincangan publik bermula saat Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI, menyampaikan perwakilan demonstran pada 21 April lalu.

"Telah lahir partai baru, ada namanya Partai Buruh. Lalu kemudian ada juga Partai Mahasiswa Indonesia. Sudah sah di Departemen Hukum dan HAM," ucap Dasco saat melakukan audiensi dengan menyampaikan perwakilan massa demonstrasi pada Kamis (21/4/2022) di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Partai Mahasiswa Indonesia terdaftar menjadi partai baru dalam Surat Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nomor M.HH-AH.11.04-09 tentang Penyampaian Data Partai Politik yang Telah Berbadan Hukum.

Adapun logo dari Partai Mahasiswa Indonesia ini memiliki dasar lambang berbentuk lingkaran berwarna merah. Lalu di lingkaran tersebut terdapat gambar berupa toga berwarna merah.

Kemudian di tengah toga tersebut terdapat gambar sayap berwarna putih dengan bintang kuning pada bagian tengahnya. Selain itu, pada bagian bawah terdapat gambar toga hitam bertuliskan huruf putih kapital "Partai Mahasiswa Indonesia". 

Adapun daftar pengurus tingkat pusat dari Partai Mahasiswa Indonesia terdiri dari:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini