Apa Itu Literasi Digital? Benarkah Indonesia Darurat Literasi Digital?

Apa Itu Literasi Digital? Benarkah Indonesia Darurat Literasi Digital? Kredit Foto: Pexels.com

Di era perkembangan teknologi ini, komunikasi dan informasi makin mudah ditemukan. Penyebarannya pun mudah dilakukan, bisa dengan satu kali klik kata 'share' maka informasi tersebut akan tersebar.

Perkembangan teknologi harus diimbangi dengan kecakapan pengguna dalam mengelolanya, salah satunya dengan memahami literasi digital.

Baca Juga: Puk-puk... Diprediksi Nasib Partai Mahasiswa Bakal Miris Sebelum Berlayar

Literasi digital adalah kemampuan yang diperlukan individu di era perkembangan teknologi untuk memahami informasi yang didapatkan di internet. Hal tersebut bertujuan agar pengguna internet dapat menyaring berita-berita yang didapatkan agar terhindar dari berita bohong atau hoaks.

Pada era ini, mudah bagi seseorang membuat dan menyebarkan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Informasi yang belum melalui tahap validitas akan menjadi misinformasi bagi masyarakat.

Setiap pengguna internet harus memahami bahwa literasi digital adalah hal yang penting dikuasai saat menjajal ke dunia internet. Hal tersebut dikarenakan adanya arus informasi yang banyak yang berarti masyarakat menerima informasi yang banyak dari berbagai sumber dalam waktu yang bersamaan. maka dari itu, literasi digital hadir untuk mencari dan menyeleksi informasi yang tepat untuk dikonsumsi.

Selain itu, dengan hadirnya berbagai macam hal yang dapat ditemukan di internet, memungkinkan individu dapat menemukan konten negatif atau yang tidak mengedukasi, seperti konten yang berbau SARA, pornografi, dan sebagainya.

Dilansir dari website kominfo.go.id, sebanyak 98 persen dari anak-anak dan remaja tahu mengenai internet dan 75,9 persen di antaranya adalah pengguna internet. Ditakutkan, jika tidak diimbangi dengan literasi digital, anak-anak dan remaja dapat menyalahgunakan internet dengan mengakses konten-konten negatif tersebut.

Oleh karena itu, literasi digital dapat menjadi alat bagi pengguna internet dalam menyaring konten yang akan dikonsumsi.

Indonesia Darurat Literasi Digital

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini