Apa Itu Multikulturalisme?

Apa Itu Multikulturalisme? Kredit Foto: Flickr.com

Dalam sosiologi, multikulturalisme menggambarkan cara di mana masyarakat tertentu berurusan dengan keragaman budaya. 

Berdasarkan asumsi yang mendasari bahwa anggota budaya yang seringkali sangat berbeda dapat hidup berdampingan secara damai, multikulturalisme mengungkapkan pandangan bahwa masyarakat diperkaya dengan melestarikan, menghormati, dan bahkan mendorong keragaman budaya. 

Baca Juga: Apa itu Budaya Relativisme?

Di bidang filsafat politik, multikulturalisme mengacu pada cara-cara di mana masyarakat memilih untuk merumuskan dan menerapkan kebijakan resmi yang berhubungan dengan perlakuan yang adil terhadap budaya yang berbeda.

Multikulturalisme dapat terjadi dalam skala nasional atau dalam komunitas suatu bangsa. Ini dapat terjadi baik secara alami melalui imigrasi, atau secara artifisial etika yurisdiksi budaya yang berbeda digabungkan melalui keputusan etikaltur, seperti dalam kasus Perancis dan Inggris Kanada.

Pendukung multikulturalisme percaya bahwa orang harus mempertahankan setidaknya beberapa fitur dari budaya tradisional mereka. Para penentang mengatakan bahwa multikulturalisme mengancam tatanan sosial dengan menghilangkan identitas dan pengaruh budaya yang dominan. 

Meskipun mengakui bahwa itu adalah masalah sosial politik, artikel ini akan etik pada aspek sosiologis multikulturalisme.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini