Apa Itu Multilingualisme?

Apa Itu Multilingualisme? Kredit Foto: Flickr.com: Oran Viriyincy

Multilingualisme adalah kemampuan seorang penutur individu atau komunitas penutur untuk berkomunikasi secara efektif dalam tiga bahasa atau lebih. Kontras dengan monolingualisme , kemampuan untuk menggunakan hanya satu bahasa.

Baca Juga: Dua Orang Tewas Saat Demo Tolak DOB Papua, Amnesty Indonesia Desak DPR Tunda Pembahasan

Seseorang yang dapat berbicara banyak bahasa dikenal sebagai poliglot atau multibahasa.

Bahasa asli seseorang tumbuh berbicara dikenal sebagai bahasa pertama atau bahasa ibu mereka. Seseorang yang dibesarkan dengan berbicara dua bahasa pertama atau bahasa ibu disebut bilingual simultan. Jika mereka belajar bahasa kedua kemudian, mereka disebut bilingual sekuensial.

Contoh dan Pengamatan

"Yang Mulia, Direttore Herr, dia telah menghapus uno balletto yang akan terjadi di tempat ini." —Kapelmeister Bonno Italia dalam "Amadeus"

Multilingualisme sebagai Norma

"Kami memperkirakan bahwa sebagian besar pengguna bahasa manusia di dunia berbicara lebih dari satu bahasa, yaitu mereka setidaknya bilingual. Dalam istilah kuantitatif, monolingualisme mungkin pengecualian dan multilingualisme norma..." —Peter Auer dan Li wei

Bilingualisme dan Multilingualisme

"Penelitian saat ini... dimulai dengan menekankan perbedaan kuantitatif antara multilingualisme dan bilingualismedan kompleksitas yang lebih besar dan keragaman faktor yang terlibat dalam akuisisi dan penggunaan di mana lebih dari dua bahasa yang terlibat (Cenoz 2000; Hoffmann 2001a; Herdina dan Jessner 2002). 

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini