Apa Itu Interkulturalisme?

Apa Itu Interkulturalisme? Kredit Foto: Flickr.com

Interkulturalisme merupakan dukungan untuk dialog lintas budaya dan menantang kecenderungan pemisahan diri dalam budaya.

Baca Juga: Buntut Reog Diklaim Malaysia, Kemendikbudristek Gerak Cepat Mendata Cagar Budaya Indonesia

Interkulturalisme melibatkan bergerak melampaui penerimaan pasif dari fakta multikultural dari beberapa budaya yang secara efektif ada dalam suatu masyarakat dan sebaliknya mempromosikan dialog dan interaksi antar budaya.

Menurut Ted Cantle (2012) Interkulturalisme menghadirkan serangkaian kebijakan dan program baru. Ini berusaha untuk menggantikan multikulturalisme dan memberikan paradigma baru untuk berpikir tentang ras dan keragaman. 

Multikulturalisme mungkin telah berhasil di masa lalu, tetapi ia sama sekali tidak beradaptasi dengan era baru globalisasi dan keragaman super. 

Interkulturalisme adalah tentang mengubah pola pikir dengan menciptakan peluang baru lintas budaya untuk mendukung aktivitas antarbudaya dan ini tentang berpikir, merencanakan, dan bertindak antarbudaya. 

Mungkin, yang lebih penting lagi, ini tentang membayangkan dunia seperti yang kita inginkan, daripada ditentukan oleh sejarah masa lalu kita yang terpisah.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini