Apa Itu Neokolonialisme?

Apa Itu Neokolonialisme? Kredit Foto: Freepik.com

Neokolonialisme dapat digambarkan sebagai penyebaran aktivitas sosial-ekonomi dan politik oleh mantan penguasa kolonial yang bertujuan untuk memperkuat kapitalisme, globalisasi neoliberal, dan penaklukan budaya bekas jajahan mereka. 

Dalam negara neokolonial, bekas penguasa kolonial memastikan bahwa koloni yang baru merdeka tetap bergantung pada mereka untuk arah ekonomi dan politik. 

Ketergantungan dan eksploitasi kehidupan sosial-ekonomi dan politik dari koloni-koloni yang sekarang merdeka dilakukan untuk keuntungan ekonomi, politik, ideologis, budaya, dan militer negara-negara asal tuan-tuan kolonial. 

Ini biasanya dilakukan melalui kontrol tidak langsung atas praktik ekonomi dan politik negara-negara yang baru merdeka, bukan melalui kontrol militer langsung seperti yang terjadi di era kolonial.

Secara konseptual, gagasan neokolonialisme dapat dikatakan berkembang dari tulisan-tulisan Karl Marx (1818-1883) dalam kritiknya yang berpengaruh terhadap kapitalisme sebagai tahap dalam perkembangan sosial ekonomi masyarakat manusia. 

Relevansi terus-menerus dari filsafat sosial-ekonomi Marxis di zaman kontemporer tidak dapat disangkal. Model masyarakat yang disusun oleh basis ekonomi, suprastruktur hukum dan politik, dan bentuk kesadaran sosial tertentu yang dikemukakan Marx baik dalam The Capital (1972) maupun dalam Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik(1977) tetap penting untuk teori sosial-ekonomi.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini