Biografi Edvard Kardelj: Revolusioner dan Politisi Yugoslavia

Biografi Edvard Kardelj: Revolusioner dan Politisi Yugoslavia Kredit Foto: Flickr.com

Edvard Kardelj , (lahir 27 Januari 1910, Ljubljana , Kekaisaran Austro-Hungaria —meninggal 10 Februari 1979, Ljubljana, Republik Sosialis Slovenia , Yugos.) merupakan revolusioner dan politisi Yugoslavia, rekan dekat dan penerus terpilih _Josip Broz Tito

Dia adalah kepala teori ideologis Yugoslavia Marxisme, atau Titoisme.

Putra seorang pekerja kereta api, Kardelj lulus dari Ljubljana Teachers' College. Sejak usia 16 tahun ia adalah anggota Partai Komunis yang dilarang, awalnya di liga pemuda. 

Dia dipenjarakan (1930–32) karena serikat buruh dan kegiatan partainya, dan pada tahun 1934 dia melarikan diri ke pengasingan, akhirnya membuat jalan dari Cekoslowakia ke Uni Soviet , di mana dia menerima indoktrinasi dengan metode bawah tanah. 

Pada tahun 1934, sebelum kepergiannya, Kardelj pertama kali bertemu dengan Tito. Kembali ke Yugoslavia sejak tahun 1937, dia ditangkap beberapa kali dan dipenjarakan.

Setelah pendudukan Jerman di Yugoslavia (1941), Kardelj membantu mengorganisir front perlawanan di Slovenia dan setelah itu menemani Tito dalam sebagian besar pertempuran Partisan. 

Setelah perang ia menjabat sebagai wakil presiden (1945–53) di bawah Tito, dan ia menyusun (1946) konstitusi federal Yugoslavia yang diilhami Soviet. 

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini