Apa Itu Lange Model?

Apa Itu Lange Model? Kredit Foto: Flickr.com

Model Lange (atau teorema Lange-Lerner ) adalah model ekonomi neoklasik untuk ekonomi sosialis hipotetis berdasarkan kepemilikan publik atas alat- alat produksi dan pendekatan coba-coba untuk menentukan target output dan mencapai keseimbangan ekonomi dan efisiensi Pareto . 

Dalam model ini, negara memiliki faktor produksi bukan tenaga kerja, dan pasar mengalokasikan barang jadi dan barang konsumsi. 

Model Lange menyatakan bahwa jika semua produksi dilakukan oleh badan publik seperti negara, dan ada mekanisme harga yang berfungsi, ekonomi ini akan menjadi efisien Pareto, seperti ekonomi pasar hipotetis di bawahpersaingan sempurna . 

Tidak seperti model kapitalisme, model Lange didasarkan pada alokasi langsung, dengan mengarahkan manajer perusahaan untuk menetapkan harga yang sama dengan biaya marjinal untuk mencapai efisiensi Pareto. 

Sebaliknya, dalam ekonomi kapitalis, pemilik swasta berusaha untuk memaksimalkan keuntungan, sementara tekanan kompetitif diandalkan untuk secara tidak langsung menurunkan harga, ini menghambat produksi dengan biaya marjinal yang tinggi dan mendorong skala ekonomi .

Model ini pertama kali diusulkan oleh Oskar R. Lange pada tahun 1936 selama debat perhitungan sosialis , dan diperluas oleh para ekonom seperti HD Dickinson dan Abba P. Lerner . 

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini