Biografi Anton Pannekoek: Astronomer Belanda dan Revolusionaris Sosialis dan Teori Marxis

Biografi Anton Pannekoek: Astronomer Belanda dan Revolusionaris Sosialis dan Teori Marxis Kredit Foto: Flickr.com

Anton Pannekoek, lahir di Vaassen , pada 2 Januari 1873. Ia belajar matematika dan fisika di Leiden dan menerbitkan artikel pertamanya, Tentang Perlunya Penelitian Lebih Lanjut di Bima Sakti, sebagai mahasiswa. Setelah meninggalkan universitas ia menemukan pekerjaan di Observatorium Leidse Sterrewacht .

Baca Juga: Biografi Ernst Thalmann: Pemimpin Komunis Jerman dan Kandidat Presiden Kedua Kali Selama Republik Weimar

Pannekoek menjadi sosialis setelah membaca karya Edward Bellamy . Ini diikuti oleh studi Karl Marx . Dia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya untuk politik revolusioner dan dia pindah ke Berlin di mana dia mengajar di sebuah sekolah yang didanai oleh Partai Sosial Demokrat (SDP).

Pada saat itu SDP sangat terbagi menjadi tiga kelompok. Pemimpin sayap kanan, Eduard Bernstein , telah menerbitkan serangkaian artikel di mana ia berpendapat bahwa prediksi yang dibuat oleh Karl Marx tentang perkembangan kapitalisme tidak menjadi kenyataan. Dia menunjukkan bahwa upah riil pekerja telah meningkat dan polarisasi kelas antara proletariat yang tertindas dan kapitalis, belum terwujud. Juga tidak ada modal yang terkonsentrasi di tangan yang lebih sedikit.

Ketua partai, August Bebel , tetap seorang Marxis tetapi percaya bahwa sosialisme paling baik diperoleh melalui ieben parlementer. 

Pannekoek menjadi anggota Radikal Kiri. Dipimpin oleh Rosa Luxemburg itu termasuk Clara Zetkin , Karl Liebknecht , Franz Mehring danKarl Radek .

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini