Mas Anies Sadar Mas... Proyek JIS Bukan Keberhasilan Anda Semata!

Mas Anies Sadar Mas... Proyek JIS Bukan Keberhasilan Anda Semata! Kredit Foto: Achmad Rizki Muazam

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menyarankan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membuat pernyataan secara terbuka dengan menyebut proyek Jakarta International Stadium (JIS) bukan keberhasilan dirinya semata.

Trubus menilai hal tersebut bisa mencairkan ketegangan warga DKI yang belakangan semakin tinggi akibat perbedaan pendapat terkait siapa yang sebenarnya berperan dalam keberhasilan pembangunan stadion tersebut.

Sebab menurutnya JIS juga bukan program murni dari Anies. Melainkan program yang sudah digagas dan dicanangkan oleh beberapa Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, yang dimulai sejak Gubernur Sutiyoso menjabat. Hanya saja Anies beruntung karena ketika dirinya memimpin pembangunan JIS terselesaikan.

"Pak Gubernur ini harus bermain cantik lah, apalagi beliau ini mau maju jadi RI satu, beliau menjelaskan saja bahwa keberadaan JIS ini merupakan keberhasilan kita bersama, yang dimana dirinya hanya sebagai yang memfinalkan," kata Trubus kepada Populis.id, Minggu (8/5/2022).

Baca Juga: Sudah Diklaim Hasil Kerja Jokowi, Eh... Pembangunannya Selesai JIS Disebut Tak Lepas Dari Sarana Politik, Apes Mas Anies!

Hal tersebut juga dianggap Trubus sebagai langkah agar tidak lagi terjadi pembelahan di masyarakat DKI sebagaimana yang terjadi pasca Pilgub 2017 silam. Di mana pada saat itu banyak sekali kampanye-kampanye politik yang bernuansa kebencian.

"Sayang namanya Pak Anies ini sudah baik, orang sudah melupakan politik sara yang pernah dilakukan saat itu, dalam lima tahun ini warga sudah mulai melupakan," ujarnya.

Baca Juga: Nggak Bisa Berkutik di Kandang Banteng, Prabowo Pilih Kunjungi Ulama NU Sebagai...

Selain itu, Trubus juga meminta agar Anies tidak lagi melibatkan JIS dengan agenda-agenda politis yang mengedepankan kepentingan pribadinya demi memuluskan pencalonannya menjadi presiden di 2024.

"Pak Gubernur juga harus mengedepankan JIS ini bersifat Keadilan, jangan membawa ranah JIS ini untuk kepentingan-kepentingan Politik yang terlalu jauh," pungkasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover