Apa itu Kampanye Hitam? Samakah dengan Kampanye Negatif?

Apa itu Kampanye Hitam? Samakah dengan Kampanye Negatif? Kredit Foto: Media Indonesia

Belakangan ini, isu mengenai pemilihan umum (Pemilu), khususnya pemilihan presiden (Pilpres) 2024 marak diperbincangkan. Mulai dari isu perpanjangan masa jabatan periode presiden dan wail presiden menjadi tiga periode hingga pasangan calon manakah yang akan maju di Pilpres 2024 nanti.

Terlepas dari itu, saat waktunya tiba, para kandidat yang turut berpartisipasi dalam pemilihan tersebut akan melakukan kegiatan-kegiatan 'politiknya' untuk memenangkan suara rakyat.

Baca Juga: Apa Itu Buzzer?

Setiap kandidat akan melakukan strateginya dalam mempersiapkan pemilihan tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan kampanye. Kampanye adalah sebuah upaya komunikasi politik yang dilakukan untuk memenangkan suara khalayak, baik dilakukan seorangan maupun kelompok.

Kampanye Hitam 

Kampanye hitam adalah suatu tindakan terselubung dalam memberikan citra yang negatif terhadap seseorang atau kelompok. Dalam kata lain, kampanye hitam atau black campaign bertujuan untuk merusak citra yang dituju.

Dalam kegiatan berpolitik, kampanye hitam akan menyerang politikus, aktivis, dan orang lainnya yang berpihak kepada lawannya. Hal ini muncul karena adanya persaingan yang panas antarkandidat.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini