Apa Itu Work From Anywhere?

Apa Itu Work From Anywhere? Kredit Foto: Pexels.com

Baru-baru ini, pemerintah berencana menerapkan skema kerja work from anywhere (WFA) atau bekeja dari mana saja untuk aparatur sipil negara (ASN). Melalui skema WFA, nantinya ASN dapat bekerja di mana pun, termasuk kampung halaman.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum Humas dan Kerjasama Badan Kepegaaian Negara (BKN), Satya Pratama. Ia menjelaskan skema kerja tersebut mempemdah ASN dalam bekerja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Work From Anywher (WFA)

Work from anywhere (WFA) adalah suatu sistem kerja yang dapat dilakukan di mana saja. WFA tidak membatasi karyawannya untuk bekerja di kantor (WFO) atau di rumah (WFH) saja. Karyawan bebas memilih tempat kerja dan tidak dibatasi oleh pihak perusahaan. Yang terpenting dari WFA adalah terkoneksi dengan kantor pusat dan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Dukung Penerapan WFH Sepekan Guna Urai Kemacetan

Biasanya, realisasi dari konsep WFA dilakukan dengan bekerja di tempat-tempat umum, seperti coffee shop, hotel, dan restoran. 

Tujuan dari WFA adalah memberikan rasa nyaman kepada karyawan karena dapat bebas memilih tempat untuk bekerja sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi. 

Jika karyawan dapat meningkatkan produktivitas dan inovasinya, maka pekerjaan yang dilakukan akan membuahkan hasil yang maksimal. Hal tersebut juga akan memengaruhi kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

Selain itu, WFA bermanfaat untuk memberikan kesempatan karyawan untuk healing sejenak agar tidak mengalami permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini