Apa Itu Hustle Culture? Budaya Kerja yang Populer di Kalangan Muda

Apa Itu Hustle Culture? Budaya Kerja yang Populer di Kalangan Muda Kredit Foto: Warta Ekonomi

Hustle culture adalah kondisi di mana seseorang bekerja terlalu keras hingga melampaui batas kemampuan. Seseorang yang melakukan hustle culture akan disebut sebagai workaholic karena bekerja tanpa mengenal waktu.

Hustle culture populer di kalangan muda. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa untuk mencapai kesuksesan hidup harus mendedikasikan seluruh waktu dan tenaganya ke dalam pekerjaan sehingga memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Apa Itu Work From Anywhere?

Dengan menganut hustle culture, dapat tercipta lingkungan kerja yang tidak sehat. Para perkerja akan saling berkompetisi untuk mendapat pengakuan atau posisi tertentu dengan praktik yang salah, seperti overworking.

Tak jarang, kalangan muda membagikan momen hustle culture mereka lewat unggahan media sosial. Banyak yang salah kaprah dengan mengglorifikasi budaya ini. 

Padahal budaya hustle culture dapat membahayakan kesehatan, baik fisik maupun mental para pekerja.

Dampak Buruk

Pada sebuah penelitian dalam Current Cardiology Reports di tahun 2018 lalu, ditemukan bahwa mereka yang bekerja lebih dari 50 jam per minggu akan memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular seperti serangan jantung lebih tinggi.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini