Sederetan Fakta Menarik Dari PJ Gubernur, Apa Saja Ya?

Sederetan Fakta Menarik Dari PJ Gubernur, Apa Saja Ya? Kredit Foto: Biro Pers Setpres/Rusman/Handout

12 Mei 2022, Tito Karnavian resmi melantik lima orang pilihan Presiden Jokowi sebagai Penjabat atau Pj Gubernur Provinsi Papua Barat, Gorontalo, Banten, Bangka Belitung dan Sulawesi Barat di Kantor Kementerian Dalam Negeri.

Pelantikan tersebut dilakukan guna melengkapi kekosongan posisi yang masa jabatannya berakhir di tahun 2022 dan 2023. Lantas apa saja ya fakta-fakta menarik PJ Gubenur? Berikut ini sederetan fakta menarik dari PJ Gubernur:

1.Memiliki Sejumlah Kekayaan Hingga Milyaran

Fakta menarik pertama adalah 5 orang PJ Gubernur ternyata adalah sultan. Masing-masing dari mereka memiliki harta kekayaan yang jika di total mencapai milyaran rupiah. Seperti Pj Gubernur Banten Al Muktabar yang mempunyai harta kekayaan mencapai Rp 16.214.851.492 yang terdiri dari tanah, mobil mewah, aset bergerak. Lalu Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang mempunyai harta kekayaan mencapai Rp11.977.500.000, harta kekayaan tersebut terdiri dari aset tanah di beberapa kota, kendaraan hingga surat berharga. Ketiga ada Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw yang aset kekayaannya mencapai Rp10.643.026.000, aset tersebut terdiri dari tanah, mobil, dan kas. Selanjutnya ada Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin yang total kekayaannya mencapai Rp9.562.032.127 terdiri dari tanah, mobil mewah, aset bergerak. Dan yang terakhir ada Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik dengan total harta kekayaan Rp4.117.840.926 yang meliputi tanah, mobil, dan aset bergerak lainnya.

Baca Juga: 5 PJ Gubernur Dilantik Hari Ini, Simak Selengkap di Sini

2.Mayoritas Lulusan Luar Negeri

Fakta menarik kedua adalah mayoritas PJ Gubenur lulusan Universitas di luar negeri. Pj Gubernur Banten Al Muktabar pernah menempuh pendidikan doktor di Florida tepatnya di The Florida State University (2006) beliau juga pernah mengambil S3 di Universitas Padjadjaran Bandung (2004). Kemudian Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin juga merupakan lulusan doktor dari Texas A&M University jurusan Geografi. Selanjutnya ada Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang juga menempuh pendidikan Doctor of Philosophy (Ph.D) pada tahun 2012 di National University Of Malaysia Bangi-Selangor. Lalu Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik, meski tidak menempuh program magister di luar negeri, beliau menyelesaikan program magister di kampus terbaik se-Indonesia yaitu magister di Universitas Indonesia dengan jurusan Perencanaan dan Kebijakan Publik. Dan yang terakhir Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw lulusan Akpol 1987 yang berpengalaman dalam bidang intel. Jabatan kepolisian terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

3.Permintaan Presiden Jokowi

Baca Juga: Gara-gara Pemerintah Tak Eksekusi Putusan MK, Lima Pj Gubernur Rawan Digugat Publik Nih!

Dilansir dari liputan6, sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta jajaran menterinya untuk betul-betul menyeleksi penjabat (Pj) kepala daerah dengan sebaik mungkin

Jokowi menyampaikan total ada 101 penjabat kepala daerah yang harus disiapkan pemerintah. Hal ini mengingat Pilkada Serentak baru akan digelar pada November 2024 sehingga diperlukan penunjukan penjabat kepala daerah. Jokowi mengingatkan, agar figur yang nanti dilantik benar-benar baik.

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini