Imbas Ekonomi Dunia, Presiden Jokowi Singgung Perang Ukraina di Depan Kongres AS?

Imbas Ekonomi Dunia, Presiden Jokowi Singgung Perang Ukraina di Depan Kongres AS? Kredit Foto: ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.

Dalam jamuan santap siang dengan Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kehormatan untuk berbicara pertama dan memperkenalkan pemimpin ASEAN

Acara itu berlangsung pada Kamis, 12 Mei 2022, di Capitol Hill, Washington DC. 

Didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani, Presiden Jokowi memimpin jalannya pertemuan bersama Nancy Pelosi. 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyinggung soal perang yang terjadi di Ukraina. Menurut Presiden, perang Ukraina sudah berdampak pada ekonomi dunia termasuk kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi. 

Baca Juga: Kalau Jadi Presiden Anies Baswedan Diyakini Bisa Bereskan Utang Warisan Jokowi, yang Ngomong Bukan Orang Sembarangan

"Perang di Ukraina menciptakan tragedi kemanusiaan yang luar biasa dan berdampak terhadap ekonomi global," ujar Presiden Jokowi. 

Presiden Jokowi menyebut, jika hukum internasional tidak dihormati, multilateralisme ditinggalkan, dan unilateralisme dikedepankan, maka apa yang terjadi di Ukraina dapat terjadi di wilayah lain, termasuk Indo-Pasifik. 

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi turut mengajak Amerika Serikat untuk menjadi bagian dari upaya menciptakan perdamaian, stabilitas dan kerjasama inklusif yang saling menguntungkan di Indo-Pasifik. 

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover