Demo Minta Jokowi Mundur Dinilai Telah Melanggar Konstitusi?

Demo Minta Jokowi Mundur Dinilai Telah Melanggar Konstitusi? Kredit Foto: Istimewa

Rahmad Handoyo, seorang Anggota Fraksi PDIP DPR RI, mengimbau segelintir elemen masyarakat yang menggelar unjuk rasa, tidak mengatasnamakan seluruh rakyat Indonesia untuk mengangkat isu pemakzulan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Rahmad menjelaskan, pemberhentian Presiden sudah diatur dalam ranah konstitusi, apabila presiden atau wakil presiden melanggar konstitusi, ada tata cara secara konstitusi. 

"Jika tidak menggunakan cara konstitusi, lantas mewakili siapa? Untuk itu, saya berharap untuk berpikir sejuk, berpikir dingin, dan berpikir bijak," ujar Rahmad. 

Baca Juga: Sejumlah Mahasiswa, Aktivis, Buruh Hingga Petani Akan Gelar Demo Nasional 19-20 Mei

Ia mengingatkan, konstitusi telah mengatur bagaimana pemberhentian presiden atau wakil presiden melalui tata cara dan berbagai prasyarat yang sudah diatur, melalui parlemen termasuk sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Oleh sebab itu, seluruh warga negara patut taat dan tunduk terhadap konstitusi. 

Rahmad menambahkan, kebebasan berkumpul dan berserikat memang dijamin oleh UUD NRI Tahun 1945, sehingga demonstrasi merupakan hal yang wajar. Menurutnya, apabila ada kekecewaan atau kritik kepada pemerintah, silahkan disampaikan pendapatnya. 

Lihat Sumber Artikel di GenPI Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan GenPI.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover