Besok! 50 Ribu Buruh Bakal Gelar Aksi May Day Fiesta akan Menuntut 18 Tuntutan, Apa Saja Tuntutan Tersebut?

Besok! 50 Ribu Buruh Bakal Gelar Aksi May Day Fiesta akan Menuntut 18 Tuntutan, Apa Saja Tuntutan Tersebut? Kredit Foto: Istimewa

Presiden Partai Buruh Said Iqbal menjelaskan partainya akan melakukan dua kegiatan bersama Gerakan Buruh Indonesia  pada tanggal 14 Mei 2022.

Dia menyebutkan tentang dua kegiatan tersebut. Pertama, pada jam 10.00-12.00 WIB dilakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI. Kedua, pada jam 13.00-17.30 WIB berupa May Day Fiesta di GBK.

“Kegiatan ini adalah rangkaian peringatan May Day. Pada tanggal 1 Mei, kami juga menyelenggarakan aksi di KPU yang dilanjutkan dengan May Day Fiesta di Gedung Film Usmar Ismail,” kata Said Iqbal dalam siaran pers pada Jumat (13/5).

Baca Juga: Partai Buruh Rayu Anies Baswedan Pakai JIS Buat Hajatan May Day, Ariza Nyeletuk Kencang Banget: Nggak Boleh!

Menurut Said, jumlah massa buruh seyogyanya 100 ribu tetapi dikurangi menjadi 50-an ribu orang. Hal ini untuk memenuhi protokol Kesehatan. Said menyebut massa buruh berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Selain kegiatan di Jakarta, Said mengatakan aka aksi buruh juga dilakukan serempak di berbagai daerah.

Dia menyebut sebanyak 20 ribu buruh di Surabaya, 5 ribu buruh di Semarang, 15 ribu buruh di Batam, 5 ribu buruh di Medan.Selain itu, puluhan ribu buruh lainnya tersebar di kota-kota industri seperti Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makassar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, Ternate, dan beberapa kota industri lainnya.

Said yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini menjelaskan dalam acara May Day Fiesta di GBK akan diisi oleh orasi dari serikat buruh internasional dan Partai Buruh dari negara lain.

Dari serikat buruh Internasional, hadir Sekjen ITUC Sharan Burraw, Sekjen ITUC AP Shoya Yoshida, Presiden DGB, Konfederasi Serikat Buruh Brasil, Konfederasi Serikat Buruh Australia, Konfederasi Serikat Buruh Finlandia.

“Partai Buruh dari negara lain adalah Partai Buruh Brasil, Australia, dan Finlandia,” ujar Said.

Lihat Sumber Artikel di Fajar Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Fajar. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.

Selanjutnya
Halaman

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini