Alamak! Tak Dapat Belaan, Politisi PDIP Ini Malah Ikut Gerah Gegara Ruhut Posting Hoax Foto Anies Pakai Koteka

Alamak! Tak Dapat Belaan, Politisi PDIP Ini Malah Ikut Gerah Gegara Ruhut Posting Hoax Foto Anies Pakai Koteka Kredit Foto: Instagram/ruhutp.sitompul

Ketua DPP PDI Perjuangan, Hamka Haq tidak sependapat dengan postingan Ruhut Sitompul yang mengupload foto hoax Anies Baswedan mengenakan pakaian adat Papua. Hamka menegaskan bahwa apa yang dilakukan Ruhut sangat tidak beretika. 

Menurutnya, postingan dengan mengedit seseorang dengan tujuan semacam ini tidak dapat dibenarkan. Ia lantas menyinggung Presiden Jokowi yang juga kerap dijadikan bahan meme dan disebarkan ke media sosial.

"Saya menilainya semua postingan seperti ini memang sangat tidak etis. Sama halnya juga Jokowi pernah digambar seperti pinokio, digendong sama ibu Mega, bahkan digambar perpelukan dengan ibu Mega, itu semua tidak etis," katanya saat dihubungi Populis.id pada Jumat (13/05/2022).

Baca Juga: Ruhut Posting Foto Hoax Karena Ingin Test Ilmu Kebal Hukum, Beneran Nih?

Oleh sebab itu, ia menilai sangat wajar jika ada pihak yang melaporkan pelaku pengeditan atau penyebar foto hoax. Sebab, setiap loyalis baik Anies atau Jokowi yang diedit pasti tidak terima saat junjungannya dijadikan bahan olokan. 

"Kalau ada yang melaporkan, sama juga saat Jokowi digitukan pasti ada yang melaporkan kepada Polisi. Maka wajar saja kalau Ruhut dilaporkan mengenai cuitannya itu, karena loyalis Anies atau masyarakat Papua ada yang tidak terima," tuturnya.

Baca Juga: Jadi Korban Rasis Ruhut Sitompul, Popularitas Anies Baswedan Bukan Main! Malah Semakin Menjadi-Jadi

Berkaitan dengan apakah partai melakukan pendampingan atau tidak terhadap Ruhut, Hamka belum dapat memastikan. Sebab, yang memiliki kewenangan apakah Partai secara Kelembagaan harus turun tangan adalah Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristianto.

Sebagai informasi, Populis.id sudah berupaya menghubungi Hasto apakah partai berlambang moncong putih itu akan melakukan pendampingan atau tidak. Namun hingga berita ini dibuat, Hasto masih belum memberikan jawaban.

Baca Juga: Coba Lihat Nih Alasan Ruhut Sitompul Yang Tak Mau Hapus Meme Anies, Masih Ngeles?

Namun, Hamka tetap menyarankan kepada Ruhut Sitompul untuk menyapaikan permohonan maaf. Karena bagaimanapun, postingan tersebut telah menjadi perhatian banyak pihak dan telah menyinggung perasaan loyalis Anies, bahkan masyarakat Papua.

"Sebaiknya kalau menurut saya pak Ruhut menyampaikan permohonan maaf baik terhadap suku Papua, karena digunakan budayanya untuk membully. Maupun terhadap loyalis pak Anies atau pribadi Anies, itu lebih elegan martabat dan terhormat," pungkasnya.

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini