Waduh! Penculik 12 Anak di Bogor dan Jakarta Ngaku Murid Habib Bahar, Serius?

Waduh! Penculik 12 Anak di Bogor dan Jakarta Ngaku Murid Habib Bahar, Serius? Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Pengacara Habib Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta, membantah keras pernyataan pelaku penculikan 12 bocah Rizal Afif yang mengaku murid dari Habib Bahar. Ichwan mengungkapkan bahwa Rizal hanya pernah satu penjara dengan kliennya.

Saat itu, Rizal memang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) super maximum security Gunung Sindur, Bogor. Di tempat tersebut menurut Ichwan, Rizal hanya sempat bertemu dengan Habib Bahar, bukan berguru.

"Tidak benar kalau Rizal Afif murid Habib Bahar, dia hanya dalam tempat dan waktu yang sama, pernah bertemu dengan Habib Bahar. Sekali lagi apa yang dia sampaikan tidak benar alias hoax," katanya saat dikonfirmasi Populis.id pada Jumat (13/05/2022). 

Baca Juga: Buka-bukaan Novel Bamukmin Soal Haikal Hassan di PA 212

"Dia pernah menghuni lapas gunung sindur, sehingga saat beliau (Habib Bahar.red) ditahan jug di lapas Gunung Sindur. Jadi sempat bertemu saja dengan habib , bukan berguru. Karena ini jelas berbeda," sambungnya.

Soal kunjungan Rizal ke Pesantren Habib Bahar, Ichwan tak menampik hal tersebut. Ia membenarkan, akan tetapi ketika Rizal berkunjung, penceramah berdarah Poso, Sulawesi Tengah itu sedang berada dalam tahanan. Artinya keduanya tidak bertemu. 

"Kalau pengakuan pernah ke pondok, iya dia pernah singgah ke pondok, namun Habib Bahar sudah ditahan kembali di Polda Jawa Barat. Jadi pertemuannya hanya ketika berada di Gunung Sindur saja, tidak lebih dari itu," paparnya. 

"Yang perlu ditekankan adalah setiap orang bisa saja mengaku ngaku tapi pengakuannya perlu dibuktikan. Tidak boleh asal mengaku saja, tapi tanpa bukti kuat," tegas Ichwan.

Baca Juga: Pakar Pidana: Wajar Masyarakat Papua Polisikan Ruhut, Budaya yang Mereka Junjung Dihina!

Senada dengan Ichwan, Pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar juga membantah jika kliennya mengenal penculik 12 bocah di Bogor. Bahkan, menurut Habib Bahar pria tersebut hanya mencari sensasi lewat pengakuan palsu.

"Tidak benar, menurut Habib Bahar bin Smith dia hanya cari sensasi saja. Habib juga tidak kenal sama sekali dengan yang namanya Rizal Afif," tutur Aziz.

Baca Juga: Alamak! Tak Dapat Belaan, Politisi PDIP Ini Malah Ikut Gerah Gegara Ruhut Posting Hoax Foto Anies Pakai Koteka

Sebagai informasi, Abi Rizal Afif alias Rizal Afif (28) seorang penculik 12 anak dari Jakarta ke Bogor, mengklaim sebagai murid dari Habib Bahar bin Smith.

Ia berani mengklaim demikian karena kerap mengunjungi penceramah berambut pirang itu di kediamannya, Kemang, Bogor. 

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini